Mengisi Waktu Luang Anak dengan Cara Berikut Ini

Mengisi Waktu Luang

Sebagai orangtua, Moms tentunya telah mencoba yang terbaik untuk mendapatkan quality time dengan anak sebanyak mungkin. Namun terkadang, banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga mengurangi waktu bersama anak, seperti bekerja, memperbaiki rumah, berbelanja, pergi bersama teman atau hal lainnya yang mengharuskan Moms untuk jauh dari anak. Lalu, bagaimana cara mengisi waktu luang anak? Simak penjelasan berikut.

Cara Mengisi Waktu Luang Anak

“cat” yogurt yang aman untuk dimakan anak

Belakangan ini, banyak orangtua yang menyarankan agar anak dapat mengeksplorasi makanan mereka. Akan tetapi, kali ini cobalah menjadi lebih spesifik, yaitu dengan membuat berbagai warna yogurt, meletakkan beberapa kertas lilin dan membiarkan anak membuat karya seni dari cat yogurt tersebut.

Keuntungannya adalah apabila anak ingin merasakan keinginan mereka untuk menjilat “cat” yogurt ini dari jari-jari mereka, Moms tidak perlu khawatir apakah itu bisa dimakan atau tidak. Yogurt juga jauh lebih mudah dibersihkan daripada cat-cat alternatif yang tidak dapat dimakan.

Menanam dan merawat bunga pada kebun belakang rumah yang tertutup

Apabila  di rumah mempunyai halaman yang tertutup, mendapatkan sinar matahari yang bagus, dan dapat diawasi, maka cobalah untuk memberikan anak sekop yang terbuat dari plastik untuk menggali tanah, ajari anak-anak untuk menanam bunga. Berikan mereka beberapa bibit untuk ditanam, dan tunjukkan pada mereka bagaimana caranya, serta buat anak menjadi penasaran sehingga dapat mengisi waktu luang Moms untuk bekerja.

Bagian yang lebih baik tentang menanam ini yaitu anak dapat kagum ketika nantinya tanaman dapat tumbuh dari usaha mereka sendiri. Selanjutnya Moms dapat mengajari mereka cara menyirami tanaman mereka. Cara ini juga tentunya dapat membuat sisa lahan kosong menjadi terisi dengan tanaman-tanaman yang indah.

Pastikan Moms dapat mengawasi anak secara langsung untuk memastikan mereka tidak keluar dari rumah. 

Membantu melakukan pekerjaan rumah menjadi lebih cepat

Apabila anak bukan seorang yang dapat mencari hiburannya sendiri dan Moms mempunyai banyak pakaian yang harus disetrika dan dirapikan, jangan khawatir. Moms dapat mengisi waktu luang anak dengan menyalurkan energi anak untuk membantu Moms melakukan tugas-tugas rumah menjadi lebih cepat.

Moms dapat membuat pekerjaan rumah menjadi lebih menyenangkan untuk dilakukan anak, dengan meminta mereka untuk memberikan pakaian yang belum rapih atau menyortir warna pakaian. Moms juga dapat mengajari mereka cara menyortir berbagai jenis cucian.

Tidak hanya urusan pakaian, apabila Moms sedang menyiapkan makan malam, Moms dapat meminta bantuan anak untuk meletakkan dan mengatur piring dan serbet di meja makan. Jangan lupa untuk mengajarkan anak dengan mengucapkan kata tolong dan terima kasih. Dengan melakukan ini, Moms juga pelan-pelan dapat mengajari anak untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Memberikan pakaian dan aksesoris agar anak merasa terhibur oleh selera pakaian mereka

Moms mungkin memperhatikan bahwa anak mungkin mempunyai ketertarikan dengan pakaian dan aksesori. Apabila hal ini benar, Moms dapat mengambil beberapa macam pakaian dan aksesoris seperti kalung longgar, dan membiarkan mereka untuk mencoba beberapa kombinasi.

Mengisi waktu luang ini dapat dilakukan oleh anak 3 tahun keatas, karena mengingat mungkin beberapa barang akan “rusak” selama ketika bermain, oleh karena itu pastikan Moms untuk tidak memberikan aksesori terbaik untuk permainan kali ini. Moms juga dapat menempatkan cermin yang dapat memperlihatkan pakaian anak dari kepala hingga kaki di dekat mereka, sehingga mereka dapat merasa terhibur oleh selera pakaian mereka sendiri.

Mendirikan benteng atau tenda dengan buku dan mainan aman di dalamnya

Anak-anak suka mempunyai ruang kecil untuk mengisi waktu luang mereka sendiri bermain yang terkadang membuat beberapa orang tua memberikan anak sebuah tenda bermain saat ada tempat tidur yang sangat bagus di dekatnya.

Bermain mendirikan benteng mungkin merupakan cara yang menyenangkan untuk memberikan anak waktu bermain sendiri, serta membantu mereka belajar untuk menikmati tenda atau benteng mereka sendiri. Bantu mereka mendirikan benteng yang aman dari bantal atau benda lain yang tidak membahayakan ketika mereka bermain di dalamnya.

Selanjutnya berikan mereka beberapa buku dan mainan yang aman untuk dimainkan di benteng. Pastikan ada celah yang jelas bagi mereka untuk merangkak keluar dan memudahkan Moms untuk mengawasi anak.

Memberikan magnet untuk di eksplorasi serta menatanya di lemari es

Bagi anak, magnet adalah sebuah mainan yang sangat keren dan menarik. Hal ini karena anak menganggap bagaimana sebuah magnet dapat menempel pada benda-benda tertentu. Moms bisa memberikan anak beberapa koleksi magnet dan biarkan mereka menata magnet di lemari es sesuka hatinya.

Itulah beberapa cara untuk mengisi waktu luang anak, perlu diingat bahwa meskipun sesibuk apapun Moms harus tetap mengawasi si buah hati ya!

Baca Juga: Mengajari Anak Naik Sepeda dengan 7 Cara Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x