Cara mencegah anak stunting sebenarnya dapat dilakukan sejak masa kehamilan. Kuncinya yaitu dengan meningkatkan asupan gizi Moms dengan mengonsumsi makanan berkualitas baik. Kandungan asam folat dan zat besi merupakan kombinasi nutrisi yang penting selama masa kehamilan karena mampu mencegah stunting pada anak saat lahir. Ada beberapa cara lainnya yang dapat Moms lakukan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana cara mencegah anak stunting?

1. Biasakan pola makan yang sehat 

Cara mencegah anak stunting yang pertama tentunya dengan membiasakan pola makan yang sehat. Moms harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi ketika hamil. Cara lainnya yaitu dengan memenuhi gizi di awal perkembangan anak dengan memberikan ASI eksklusif di 6 bulan pertama hingga berusia 2 tahun. Jangan lupa juga untuk memberi anak makanan pendamping ASI yang bergizi, ya. 

2. Memiliki pola asuh yang baik 

Faktor perilaku juga menjadi hal yang tak kalah penting sebagai cara mencegah anak stunting, lho. Orang tua yang baik adalah orang tua yang memahami tentang edukasi perkembangan kesehatan sang anak sejak hamil. Hal tersebut mencakup pemenuhan gizi ketika hamil dan memeriksakan kandungan sebanyak empat kali selama kehamilan. Pemberian imunisasi pada anak juga tidak boleh dilupakan, ya. Selain itu, Moms juga perlu menjaga psikologis dan mental agar tetap stabil. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang baik antara Moms dan pasangan demi tumbuh kembang anak.

3. Menjaga kebersihan air 

Cara mencegah anak stunting yang selanjutnya yaitu dengan menjaga kebersihan air. Lingkungan yang bersih dapat menjaga kekebalan tubuh anak agar terhindar dari berbagai macam infeksi. Ciri-ciri air yang bersih adalah air yang tidak berbau, terasa tawar, jernih, serta tidak mengandung zat kimia. Moms juga harus membiasakan anak untuk cuci tangan menggunakan air mengalir dan juga sabun serta agar tidak buang air besar sembarangan. 

4. Mencari tahu informasi tentang ilmu kesehatan 

Pemahaman yang baik soal stunting akan membantu Moms untuk mengetahui pentingnya pemenuhan gizi anak. Maka, cara mencegah anak stunting yang sederhana yaitu dengan memahami dan membaca informasi lainnya internet atau buku. 

Tentunya sudah menjadi keharus bagi Moms dan pasangan untuk mencari tahu informasi soal stunting. Karena, efek panjang dari stunting dapat mengganggu kualitas kecerdasan anak yang mana nantinya akan berdampak pada rendahnya sumber daya manusia Indonesia. 

Itulah 4 hal yang bisa Moms lakukan bersama pasangan untuk mencegah anak stunting. Pola makan yang sehat, kebersihan lingkungan serta pengetahuan yang cukup tentang stunting dapat membantu Moms agar anak terhindar dari stunting. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 8 Makanan Penambah Tinggi Badan untuk Anak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like