Anak susah makan atau hanya ingin makan satu jenis makanan saja bukanlah hal yang aneh bagi orang tua. Untuk mengatasinya, Moms perlu melakukan beberapa cara agar bisa melatih anak makan sendiri. Nah, apa saja sih cara untuk mengatasi anak susah makan? Berikut ini tips-tips yang bisa Moms lakukan. 

Mengatasi anak susah makan dengan 10 cara berikut ini

1. Bersabar

Moms harus ingat bahwa 30 persen anak akan melalui fase dimana ia tidak menginginkan makanan apapun. Ada banyak hal yang menjadi penyebabnya, seperti gigi yang ingin tumbuh, kondisi perut yang tidak enak, dan juga tidak suka dengan makanan yang disediakan. Maka dari itu, Moms harus bersabar dalam menghadapi fase anak susah makan. 

2. Menunggu anak hingga lapar 

Jika si kecil tidak ingin makan, hal yang bisa Moms lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menunggu hingga ia merasa lapar. Mungkin Moms akan merasa tidak sabar, namun cara ini lebih baik dibandingkan harus memaksa anak untuk makan hingga menangis. 

3. Makan bersama anak 

Cara mengatasi anak susah makan yang selanjutnya yaitu dengan makan bersama anak. Waktu makan merupakan waktu terpenting untuk berkomunikasi serta mempererat bonding keluarga. Ajaklah anak makan bersama sehingga ia dapat meniru apa yang Moms makan. Selain itu, jangan lupa untuk makanan sayur dan buah agar anak juga meniru Moms untuk makan makanan yang bergizi. 

4. Buat rutinitas

Membuat rutinitas wajib adalah salah satu cara mengatasi anak susah makan. Misalnya seperti, makan 3 kali sehari pada pukul 07.00, 12.00, dan 19.00. Jangan lupa untuk menyertakan cemilan di sela-sela waktu tersebut. Berikan waktu anak makan selama 30 menit dan rapikan makanannya meskipun anak belum menyelesaikan makanannya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih disiplin anak. 

5. Membatasi minum

Ketika anak terlalu banyak minum saat makan, ini akan membuatnya menjadi cepat kenyang. Maka dari itu, untuk mengatasi anak susah makan, Moms perlu membatasinya minum jus atau susu jika sudah mendekati jam makan. Dengan begitu, anak tidak akan merasa kenyang saat makanannya belum habis. 

 6. Makan bersama dengan teman 

Cara mengatasi anak susah makan yang selanjutnya yaitu dengan mengundang teman-temannya untuk makan bersama. Untuk anak yang susah makan, biasanya mereka akan cenderung makan lebih banyak saat bersama teman sebayanya. 

7. Hindari porsi yang terlalu banyak

Saat memberikan anak makan, hindari porsi yang terlalu banyak. Cukup berikan porsi makanan yang sesuai, barulah jika si kecil suka Moms boleh menambah porsi makanannya. 

8. Masak bersama

Selain makan bersama, cara lain untuk mengatasi anak susah makan yaitu dengan mengajaknya untuk masak bersama. Bukan hanya bisa meningkatkan bonding Moms dan anak, namun juga membuat si kecil menjadi penasaran dengan makanan yang ia buat dan tidak sabar untuk memakannya. 

9. Hindari memberikan anak ‘sogokan’

Saat anak susah makan, sebaiknya Moms menghindari memberikannya permen atau ‘sogokan’ lainnya jika ia berhasil menghabiskan makanannya. Moms bisa memujinya karena ia berhasil menghabiskan makanan hingga piringnya bersih. 

10. Meminta bantuan ahli 

Jika anak menunjukkan gejala-gejala seperti kelelahan, perubahan perilaku, berat badan yang turun drastis, dan pencernaannya bermasalah, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli nutrisi untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. 

Baca juga: Tips yang Bisa Dilakukan Ketika Anak Susah Makan Saat Sedang Sakit

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayu Lindasari

Aku udah lakuin semua cara tapi gimana yaa anaknya masih agak susah makan. Khawatir karena BB bulan ini gak naik huhuhu…

You May Also Like