Moms khawatir ketika tubuh anak terlihat lebih kurus dibanding dengan teman-teman seusianya? Sebenarnya Moms tidak perlu khawatir soal berat badannya apabila dokter mengatakan bahwa anak sehat. Tapi jika anak memiliki berat badan di bawah rata-rata, ada beberapa tips menambah berat badan yang bisa Moms coba. Apa saja tipsnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Beberapa tips menambah berat badan anak 

1. Memberi makanan yang berkalori tinggi

Anak-anak berusia 2-3 tahun biasanya membutuhkan kalori kurang lebih 1,000 kkal per harinya, sedangkan anak yang berusia 4-6 tahun membutuhkan kalori sebanyak 1,200-1,400 kkal. Untuk menaikkan 5 ons berat badan, kebanyakan manusia membutuhkan tambahkan kalori sebanyak 3,500 kkal.

Tips menambah berat badan pada anak yang dapat Moms lakukan yaitu dengan menambah asupan kalori sebanyak 500 kkal pada kebutuhan kalori anak per harinya agar berat badannya bertambah 5 ons per minggu. 

Baca juga: Berapakah Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak 6-12 Tahun?

2. Menambah asupan lemak

Menambah asupan lemak merupakan salah satu tips menambah berat badan anak, karena di setiap 1 gram lemak terkandung banyak kalori dibanding sumber gizi yang lain. Moms dapat menggunakan mentega, mayonaise trans-fat, minyak zaitun dan kanola, serta mentega dapat Moms jadikan sebagai bahan saat memasak makanan anak, karena tambahan 1 sdm dari salah satu bahan tersebut dapat meningkatkan 45-120 kkal jumlah kalori.

Selain itu, Moms juga bisa menambah keju leleh atau saus krim pada pasta, nasi ataupun sayuran sebagai alternatif menambahkan kalori pada menu makan si kecil.

Selain itu, gantilah bahan-bahan rendah lemak dengan bahan yang kadar lemaknya tinggi. Misalnya seperti, menggunakan susu daripada air saat membuat sereal oatmeal.

3. Menambah asupan karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber gizi yang kaya akan kandungan kalori, yang dimana mengandung 4 kkal per gramnya. Tips menambah berat badan berikutnya yaitu dengan memberikan anak cemilan yang tinggi akan karbohidrat seperti buah-buahan kering, granola, dan juga kismis.

Di setiap 250 gram salah satu bahan tersebut mengandung sekitar 240 kkal dan cocok untuk dijadikan isian sereal, yogurt, atau pudding.

Selain itu, Moms juga bisa menambahkan sari buah atau madu pada sereal oatmeal dan buah-buahan segar yang akan menjadi asupan harian anak.

4. Menambah asupan kalori pada minuman

Apabila anak tidak doyan makan, tips menambah berat badan yang dapat membantu Moms dalam memberinya kalori yaitu dengan menambahkan asupan kalori pada minuman. Beberapa minuman seperti susu segar, yoghurt, smoothies, dan juga jus buah memiliki kandungan kalori lebih dari 100 kkal per porsinya.

Selain itu, minuman ini juga mengandung protein sebanyak 8 gram di setiap porsinya. Moms juga bisa membeli susu formula rasa vanila atau coklat yang khusus untuk tumbuh kembang si kecil. 

5. Makan secara teratur

Makan secara teratur merupakan tips menambah berat badan si kecil. Jangan sampai Moms melewatkan waktu makan karena hal ini akan menghilangkan kesempatan anak dalam mendapat asupan kalori setelah menjalani aktivitas. Moms harus membiasakan anak untuk makan 3 kali sehari dan 2 kali makan selingan di antara jam makan normal.

6. Berikan porsi yang lebih banyak 

Daripada menghidangkan satu tangkup roti, berilah anak dua porsi roti lapis. Selain itu, berikan juga mangkuk besar sereal, buah-buahan yang berukuran besar, atau susu pada gelas yang besar.

7. Berikan kacang-kacangan, minyak zaitun, selai kacang, serta alpukat

Tips menambah berat badan yang satu ini yaitu menambahkan kacang-kacangan, minyak zaitun, selai kacang, atau alpukat pada menu makanan anak yang senang berolahraga. Kandungan nutrisi yang ada pada makanan tersebut dapat membantu pemulihan peradangan yang dapat disebabkan karena cedera saat berolahraga.

Selain itu, makanan yang kaya dengan kandungan lemak sehat juga mengandung jumlah kalori yang tinggi. Moms dapat menambahkan irisan kacang almond pada salah atau sereal untuk sarapan atau menghidangkan saus guacamole dari alpukat untuk cemilan kentang goreng anak.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like