Normal apabila Moms merasa khawatir dan cemas saat anak sakit. Ditambah, jika anak menjadi susah untuk makan. Tapi, Moms tidak perlu panik. Ada beberapa tips yang dapat Moms lakukan saat anak susah makan ketika sedang sakit. Apa saja tipsnya? Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa saja penyebabnya?

Hal yang biasa terjadi saat anak sakit yaitu nafsu makan yang menurun. Lidah yang pahit dan nyeri ketika menelan tentu membuat membuat anak tidak nyaman. Selain itu, mual atau perut begah yang dirasakan bisa menjadi penyebab anak susah makan saat sedang sakit. 

Lalu apa saja tips supaya anak mau makan ketika sakit?

Saat anak susah makan, Moms tidak perlu khawatir. Karena nafsu makan anak akan kembali lagi saat keadaannya sudah membaik. Nah, Moms bisa mengikuti 3 tips ampuh berikut ini agar anak mau makan meskipun sedang sakit. 

1. Memenuhi kebutuhan cairan anak

Meskipun anak susah makan, Moms harus tetap memastikan bahwa asupan cairannya tercukupi karena hal ini dapat mencegah anak dari dehidrasi, khususnya saat anak menderita demam, diare, muntah atau infeksi pada saluran pernapasan seperti bronkitis dan flu. 

Karena, tubuh membutuhkan air guna melawan berbagai infeksi. Jadi, saat si kecil menolak untuk makan tetapi masih mau minum, biarkan saja tubuh anak melawan infeksi lewat asupan cairan sehingga anak akan sembuh dengan sendirinya. 

Selain air putih, Moms juga bisa memberi anak variasi makanan yang memiliki kadar air yang tinggi, misalnya seperti jus, buah yang mengandung banyak air, atau sup ayam. Tetapi jika anak mengalami muntah atau diare yang cukup sering, sebaiknya periksakan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Baca juga: Tips Menambah Berat Badan Anak yang Dapat Moms Coba

2. Memberikan makanan kesukaan

Ketika anak susah makan saat sakit, Moms bisa memancing nafsu makannya dengan memberikan makanan kesukaan. 

Ikuti kemauan anak dan Moms tidak perlu khawatir jika ia hanya menginginkan satu jenis makanan saja. Yang terpenting adalah anak mau makan sehingga energinya pun kembali dengan perlahan. 

3. Jangan memaksanya untuk makan

Banyak orang tua yang sering memaksa anaknya untuk makan yang banyak, karena khawatir anak akan sakit atau kekurangan vitamin saat makan sedikit. Bahkan mungkin Moms sedikit ‘memaksa’ saat memasukkan makanan ke dalam mulut si kecil. 

Namun sayangnya, memaksa anak untuk makan terlebih saat anak susah makan tidak ada gunanya. Karena dengan memaksanya, anak akan menjadi stres dan makin tidak ingin makan. Maka sebagai orang tua, Moms tidak perlu khawatir apabila si kecil hanya bisa makan dalam porsi yang sedikit. 

Moms tidak perlu khawatir karena anak tidak akan selalu susah makan, kok. Karena si kecil dapat menilai berapa banyak makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Anak akan makan saat ia sudah merasa lapar sehingga selera makannya pun kembali normal lagi. 

Saat anak susah makan, sebaiknya Moms berikan ia pujian setiap kali ia menelan satu suap. Ini akan membuat anak menjadi bersemangat dan ingin makan. Selain itu, cobalah untuk memberikan ia porsi sedikit untuk melihat reaksinya. Apabila anak semakin bersemangat untuk makan, Moms bisa menambahkan lagi porsi makanannya. Selama Moms memberikannya makanan sehat, Moms tidak perlu khawatir meskipun si kecil hanya makan dengan sedikit. 

Baca juga: Bagaimana Cara Merangsang Pertumbuhan Rambut Anak

Merancang menu makan anak saat sedang sakit

Menu makanan sehat yang bisa Moms berikan ke anak sesuai jenis penyakitnya: 

  • Sakit tenggorokan: Moms bisa memberikan campuran teh hangat dan satu tetes madu guna melegakan tenggorokan anak. Selain itu, Moms bisa memberikan coklat panas agar nafsu makannya semakin bertambah
  • Pilek: Saat anak pilek, berikan ia semangkuk sup ayam yang sudah ditambah mie agar menarik perhatian anak yang biasanya menyukai mie. Sajikan menu makanan ini dengan menarik. Kaldu pada sup ayam mampu membantu anak melawan demam
  • Diare: Pastikan anak minum air putih yang cukup atau ganti dengan oralit. Saat anak diare, hindari minuman manis serta jus yang akan memperparah diare
  • Sembelit: Ketika anak menderita sembelit, Moms bisa memberikan ia makanan yang tinggi serat seperti seledri, jeruk, apel, dan wortel. Penuhi juga asupan cairannya untuk melancarkan buang air besar.

Ketika anak susah makan, Moms juga bisa memberinya obat sesuai keluhannya agar ia merasa nyaman. Seperti memberikan anak paracetamol atau ibuprofen untuk mengurangi nyeri ketika menelan, atau obat mual guna mengurangi rasa mual. Jika Moms tidak paham tentang jenis atau dosis obat yang dibutuhkan, maka tanyakan dengan dokter.

Sama halnya ketika nafsu makan anak menurun berlangsung lama, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui cara terbaik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like