Dua tahun pertama perkembangan bayi akan diwarnai dengan batuk dan pilek. Bahkan, bayi bisa mengalami flu delapan sampai sepuluh kali dalam kurun waktu tersebut. Jangan panik, Moms, berikut adalah obat pilek untuk bayi yang aman digunakan.

Pilihan obat pilek untuk bayi dari dokter

Bayi dan anak-anak sangat mudah terkena pilek karena sistem imunnya masih belum sempurna. Di tiga hari pertama gejala yang jelas belum akan muncul. Biasanya, memasuki hari ke 10-14 gejala baru akan terlihat. Walaupun, ini akan berbeda di setiap anak.

Gejala awal yang mungkin muncul adalah demam. Ini wajar, Moms, karena gejala ini adalah bentuk pertahanan tubuh anak kita melawan penyakit yang masuk. Jika si kecil rewel terganggu karena pilek yang semakin memburuk, segera bawa si kecil ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat pilek untuk bayi berupa.

Baca juga: Apa Saja Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi?

1. Cairan saline atau semprotan hidung

Saline adalah larutan air garam yang berguna untuk melancarkan saluran pernapasan dan melunakkan lendir (ingus). Saline Salah satu obat flu bayi yang aman dan efektif serta bisa didapatkan tanpa resep dokter.

2. Paracetamol

Sebagai pereda demam, Moms bisa menggunakan paracetamol yang biasanya tersedia dalam bentuk sirup untuk anak-anak. Jenis obat ini juga bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun, perhatikan dosis yang diberikan.

Paracetamol bisa berakibat buruk jika diberikan pada:

  • Anak di bawah usia dua bulan
  • Anak yang punya masalah hati atau ginjal
  • Anak yang sedang minum obat epilepsi
  • Anak yang sedang minum obat TBC

3. Ibuprofen

Ibuprofen jika digunakan dalam dosis yang tepat, dapat membantu mengurangi gejala yang menyertai penyakit flu. 

Ibuprofen memiliki khasiat yang berbeda tergantung dengan dosisnya. Biasanya, dokter memberikan dosis obat diukur dari usia dan berat badan anak. Ibuprofen bisa diberikan 3 sampai 4 kali sehari selang 4 sampai 6 jam. Karena tergolong obat pilek untuk bayi yang lebih kuat dari Paracetamol, obat ini hanya bisa diberikan pada bayi usia tiga bulan ke atas.

Ketiga obat pilek untuk bayi di atas bisa didapatkan di apotik tanpa resep dokter. Namun, akan lebih baik untuk menghubungi dokter sebelum memberikannya. Pemberian dosis yang tepat akan menjamin obat bekerja lebih efektif dan meminimalkan efek samping.

Baca juga: Batuk Apakah yang Sering Menyerang Bayi?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like