Bagi para orangtua baru mungkin akan merasakan bingung dan khawatir jika bayi Moms mengalami cegukan. Meski cegukan lumrah bagi orang dewasa, namun saat bayi mengalaminya pasti membuat Moms khawatir. Lalu, bagaimanakah cara yang tepat untuk atasi cegukan pada bayi?

Penyebab cegukan yang menerpa bayi

Pada dasarnya cegukan disebabkan oleh kontraksi diafragma. Diafragma adalah lembaran besar otot yang posisinya berada di bawah paru-paru, fungsi diafragma bersama dengan otot-otot antar tulang iga adalah untuk membuat kita dapat bernapas.

Terjadinya kontraksi otot-otot tersebutlah yang berfungsi mengisap udara ke paru-paru, proses masuknya udara dengan cepat membuat epiglottis menutup. Epiglottis sendiri adalah flap jaringan pada tenggorokan yang akan menutup saat kita menelan untuk mencegah minuman, air liur atau makanan liur terhisap ke dalam paru-paru.

Penutupan jaringan tenggorokan yang terjadi mendadak inilah yang akan menyebabkan terjadinya cegukan.

Mengalami cegukan memang cukup mengganggu bagi orang dewasa, begitupun dengan bayi. Cegukan pada bayi biasanya tidak mempengaruhi diri mereka. Tetapi, cegukan bayi bisa menimbulkan mengkhawatirkan bagi para orangtua. Bahkan beberapa bayi masih bisa tertidur sambil cegukan tanpa merasa terganggu.

Pada dasarnya cegukan pada bayi tidak memiliki pengaruh atau efek buruk tertentu pada pernapasan atau kesehatan bayi, dan sebetulnya masih bisa dikatakan normal.

Cara untuk atasi cegukan pada bayi

1. Berikanlah ASI dan pancing bayi bersendawa

Salah satu cara mengatasi cegukan bayi adalah dengan menyusui mereka. Saat bayi menyusui, gerakannya dapat membantu diafragma bayi Moms menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan.

Setelah selesai menyusui, Moms bisa memancing bayi bersendawa dengan memberikan ruang bagi udara yang terjebak di dalam perut bayi. Sebetulnya kehadiran udara tersebut jugalah yang menjadi faktor bayi cegukan.

2. Atur posisi bayi agar berhenti cegukan

Setelah selesai dengan proses menyusui dan bersendawa, saatnya Moms mengatur posisi bayi. Pegang dan atur posisi bayi sehingga dalam kondisi tegak berdiri, bisa dilakukan juga dengan sambil menggendong. Moms juga bisa melakukannya sambil menepuk-nepuk belakang bayi dengan lembut. Cara ini bertujuan agar gas yang ada dalam perut bayi untuk naik.

3. Berikan sesuatu untuk diisap bayi

Untuk atasi cegukan pada bayi bisa dengan memberikan sesuatu untuk dihisap bayi, seperti empeng, dot, atau puting Moms. Gerakan mulut dari sedotan yang dilakukan bayi, dipercaya bisa merangsang terjadinya sendawa dan akan menghentikan cegukan pada bayi.

4. Bawalah bayi ke tempat yang lebih hangat

Bawalah dan taruh bayi pada tempat yang hangat dan lembab untuk atasi cegukan pada bayi. Untuk sementara hindari ruangan yang memakai AC atau suhu yang agak dingin. Hal ini dikarenakan cegukan pada bayi bisa disebabkan oleh temperatur yang berubah menjadi lebih dingin.

Baca juga: Langkah Mudah Mengobati Sariawan Pada Bayi

Tips lainnya untuk atasi cegukan pada bayi

  • Ketika Moms ingin memberikan ASi atau makanan pada bayi, berikanlah di saat bayi dalam keadaan tidak menangis, tenang,  atau bahkan lapar. Hal ini guna menghindari udara masuk bersamaan dengan makanan dan juga menghindari perut kembung si bayi.
  • Posisikan badan bayi untuk tetap tegak selama 20 sampai 30 menit setelah makan.
  • Setelah selesai menyusui atau memberi makan, hindarilah aktivitas yang bisa memancing cegukan seperti menggendong bayi dengan gerakan memantul-mantul ke atas dan ke bawah.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like