Bayi akan menangis saat ia merasa tidak nyaman, bisa karena rasa gatal, kesakitan, kepanasan, atau kedinginan. Salah satu penyebab bayi merasa tidak nyaman bisa terjadi karena perutnya yang kembung. Apabila perut bayi terasa keras dan ia rewel ketika sedang disusui, maka kemungkinan besar bayi merasa tidak nyaman karena perutnya yang kembung. Nah, ada beberapa cara mengobati bayi kembung yang dapat Moms terapkan. Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa saja cara mengobati bayi kembung?

1. Sendawakan bayi setelah selesai menyusui 

Cara mengobati bayi kembung yang pertama yaitu dengan menyendawakan bayi setelah ia selesai menyusui. Hal ini dilakukan untuk mencegah perut bayi menjadi bergas. Karena, aktivitas seperti menyusui akan membuat bayi menelan udara sehingga perutnya mudah kembung. Moms cukup memposisikan bayi di pundak dan menepuk punggungnya secara perlahan hingga bersendawa.

2. Memijat perut bayi dengan gerakan memutar 

Memijat perut si kecil dengan gerakan memutar bisa menjadi salah satu cara mengobati bayi kembung. Moms bisa melakukan pijatan ini setelah selesai memandikan bayi atau ketika ia rewel. Tetapi, jangan memijat perutnya setelah menyusui karena akan membuat bayi muntah. 

3. Membuat gerakan mengayuh sepeda 

Lakukan gerakan mengayuh sepeda pada bayi sebagai cara mengobati bayi kembung. Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan bayi pada posisi terlentang, kemudian gerakan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Cara ini bisa menghilangkan gas yang ada di dalam perutnya. 

4. Memperhatikan posisi menyusui bayi 

Apabila bayi sering mengalami perut kembung, mungkin saja penyebabnya berasal dari posisi menyusui, ubah posisi menyusui bayi dan usahakan agar posisi kepalanya lebih tinggi dari posisi perut. Selain itu, Moms juga bisa menyusui bayi dengan posisi berdiri, hal ini dilakukan agar udara tidak terlalu banyak masuk ke dalam perut.

5. Menggendong bayi dengan posisi tegak 

Cara mengobati bayi kembung yang selanjutnya yaitu menggendong bayi dengan posisi tegak atau dengan menempelkan badannya di dada Moms. Selain membuat bayi merasa lebih tenang, posisi ini bisa membantu bayi untuk mengeluarkan gas dari perutnya. 

6. Memperhatikan asupan makanan Moms 

Selain banyaknya udara yang masuk ketika bayi sedang menyusui, gas yang ada di perutnya kemungkinan berasal dari makanan yang Moms konsumsi. Oleh karena itu, cara mengobati bayi kembung yang bisa Moms lakukan yaitu dengan memperhatikan asupan makanan Moms. 

Sebaiknya, hindari makanan yang bergas seperti kol, bawang, brokoli. Hindari juga minuman berkafein seperti kopi, teh, atau produk susu. 

Apabila bayi sering mengalami kembung hingga mengganggunya, periksakan bayi ke dokter guna mengetahui penyebab pasti dari perut kembungnya. 

Nah, itulah 6 cara yang dapat dilakukan jika perut bayi kembung. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Memang Wajib Bagi Bayi untuk Mengalami Demam Karena Tumbuh Gigi?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like