Moms pasti akan merasa khawatir dan bingung saat bayi mengalami cegukan, kan? Padahal, ini merupakan hal yang dianggap sepele bagi orang dewasa. Penasaran bagaimana cara menangani saat bayi Moms mengalami cegukan? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi bayi cegukan?

Ternyata bukan orang dewasa saja yang bisa mengalami cegukan, namun bayi juga pada usia yang masih dini. Sebenarnya, kondisi cegukan ini disebabkan karena kontraksi diafragma.

Diafragma merupakan lembaran besar otot yang terletak di bawah paru-paru dengan otot-otot antar tulang iga yang membuat kita bisa bernapas. Kontraksi pada otot-otot ini mampu menghisap udara hingga ke paru-paru sehingga udara yang masuk dengan cepat akan membuat epiglotis tertutup. Nah, tertutupnya epiglotis secara tiba-tiba ini yang kemudian menjadi penyebab cegukan.

Cegukan pada bayi ataupun orang dewasa sangat mengganggu. Sebenarnya, ketika bayi Moms cegukan, ia tidak akan terlalu terpengaruh dengan adanya cegukan ini. Justru masih banyak bayi yang dapat tertidur meskipun dirinya sedang cegukan karena pada dasarnya cegukan pada bayi tidak berpengaruh buruk pada kesehatan atau pernapasannya.

Kondisi ini bisa dikatakan normal, namun Moms sebagai orang tua pasti tetap merasa khawatir saat bayi Moms mengalami cegukan. Nah, ada beberapa langkah yang dapat Moms lakukan ketika bayi sedang cegukan.

Beberapa langkah untuk atasi cegukan pada bayi

1. Memberikan ASI serta membiarkan bayi bersendawa

Menyusui si kecil adalah salah satu cara menangani saat bayi Moms mengalami cegukan. Gerakan saat menyusui mampu membantu diafragma bayi menjadi rileks sehingga dapat menghentikan cegukan.

Setelah selesai menyusui si kecil, Moms dapat membiarkan ia bersendawa guna memberi ruang untuk udara yang terjebak di dalam perutnya. Karena udara inilah yang juga menjadi penyebab bayi cegukan.

Baca juga: Apa yang Harus Moms Lakukan Ketika Bayi Menolak Susu Botol?

2. Mengatur posisi bayi

Apabila sudah selesai dengan proses menyusui dan juga bersendawa, langkah yang harus dilakukan selanjutnya saat bayi Moms mengalami cegukan yaitu mengatur posisinya. Moms dapat memegang bayi dan memposisikannya dalam kondisi tegak sambil menggendong si bayi. Tepuk-tepuklah bagian belakang bayi secara lembut agar gas yang ada di perut naik.

3. Memberi sesuatu untuk dihisap

Saat bayi Moms mengalami cegukan, berilah ia sesuatu yang bisa dihisap seperti empeng atau dot. Karena gerakan mulut serta tipuan sedotan pada perut bayi dapat dipercaya untuk merangsang sendawa serta menghentikan cegukan si kecil.

4. Membawa bayi ke tempat hangat

Saat bayi Moms mengalami cegukan, bawa dan taruhlah ia di tempat yang hangat. Hindari bayi dari ruangan yang bersuhu agak dingin atau ber-AC, karena suhu dingin dapat menjadi penyebab bayi mengalami cegukan.

Bagaimana cara untuk mencegah cegukan pada bayi?

  • Berikan ASI atau makanan saat bayi sedang dalam kondisi tenang, lapar, dan sedang tidak menangis agar terhindar dari masuknya udara dan makanan secara bersamaan serta menghindari perut bayi menjadi kembung.
  • Setelah Moms menyusui, hindari aktivitas menggendong si kecil dengan memantul-mantulkan si kecil ke atas dan ke bawah
  • Posisikan si kecil agar tetap tegak selama sekitar 20-30 menit sehabis makan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like