Berapa Suhu Normal Badan Pada Bayi?

Suhu Normal Badan

Suhu normal badan dapat berubah-berubah sepanjang hari. Bukan hanya pada orang dewasa, perubahan suhu ini juga bisa terjadi pada bayi serta anak-anak. Kondisi tersebut terjadi karena tubuh dapat mengubah sesuai dengan lingkungan di sekitar. 

Suhu tubuh orang yang sehat mengalami fluktuasi sekitar 0,5 derajat di dalam satu hari, dapat lebih rendah di pagi hari dan meningkat di sore dan malam hari. Kondisi ini tergantung pada jenis aktivitas yang dilakukan. Perubahan suhu tubuh merupakan proses alami dari pertahanan tubuh. Walaupun begitu, Moms harus mengetahui apakah kenaikan dan penurunan suhu tubuh yang terjadi didasari oleh kondisi kesehatan tertentu. 

Berapa Suhu Normal Badan Bayi? 

Suhu normal badan bayi berkisar di 36,5 – 37 derajat Celcius. Saat mengalami demam, suhu tubuh akan meningkat menjadi lebih dari 38 derajat Celcius menggunakan pengukuran suhu melalui dubur. Apabila pengukuran dilakukan lewat mulut, demam bayi terjadi ketika suhu badan mencapai 37,5 derajat Celcius. Sedangkan jika dilakukan pengukuran suhu melalui ketiak, demam anak akan terjadi apabila suhu mencapai 37,2 derajat Celcius. 

Artinya, mengetahui suhu normal badan bayi dan suhu tubuh yang menandakan si kecil demam sudah menjadi tugas utama Moms dan juga pasangan. Bukan hanya itu, Moms juga perlu tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengukur suhu tubuh anak sehingga tidak salah mengartikan suhu tubuh normal meskipun ia sedang demam. Jadi, saat tubuh anak terasa panas bukan berarti sedang demam. 

Sebenarnya, peningkatan suhu tubuh pada bayi saat demam merupakan bentuk perlawan dari sistem kekebalan tubuhnya jika terjadi serangan infeksi bakteri, virus, kuman, serta paparan benda asing lain yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu,  anak juga bisa mengalami demam karena gigi yang ingin tumbuh, lingkungan sekitar yang panas, dan juga pakaian yang digunakan terlalu tebal. 

Sama dengan orang dewasa, suhu badan bayi dapat mengalami penurunan. Moms harus waspada jika suhu tubuh bayi mengalami penurunan hingga di bawah 35 derajat Celcius, karena anak bisa saja sedang mengalami hipotermia, lingkungan yang terlalu dingin, atau pakaian yang dikenakan basah. 

Bawa bayi ke dokter jika mengalami kondisi berikut 

Bayi akan mengalami peningkatan suhu badan hingga mencapai lebih 38 derajat di usia kurang dari 3 bulan atau karena demam yang hilang timbul selama 7 hari. Perlu dilakukan pengobatan apabila anak dengan usia 3 sampai 36 bulan mengalami peningkatan suhu tubuh hingga melewati 39 derajat Celcius, demam terjadi selama lebih dari 3 hari, diikuti dengan sesak napas, muncul ruam pada kulit, penurunan kesadaran, muntah-muntah, leher kaku, serta ubun-ubun yang menonjol atau cekung. 

Baca juga: Mengatasi Demam Naik Turun Pada Bayi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x