Bibir kering merupakan salah satu masalah yang biasanya dialami bayi baru lahir. Mungkin masalah ini bukan masalah yang serius, namun dapat membuat Moms merasa kurang nyaman saat si kecil menyusu di payudara. Lalu, bagaimana sih cara menangani bibir kering pada bayi baru lahir?

Penyebab bibir kering pada bayi yang baru lahir

Bibir kering pada bayi dapat disebabkan karena berbagai macam alasan. Faktor lingkungan, asupan, serta kebiasaan dapat mempengaruhi kelembaban bibir bayi. Salah satu penyebabnya yaitu bayi yang mengalami dehidrasi. Bayi yang baru lahir mungkin kurang bisa menerima ASI karena belum banyak ASI yang keluar pada hari-hari pertama kelahiran.

Baca juga: 3 Langkah Melancarkan ASI yang Mampet

Selain itu, cuaca panas akan memperparah kondisi bibir kering pada bayi. Lingkungan yang panas ini akan mengurangi kelembaban pada bibir bayi. Ditambah kebiasaan menjilati bibir yang si kecil lakukan juga dapat membuat bibirnya makin kering.

Bibir bayi yang kering memang bukan kondisi yang terlalu serius, namun kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah kesehatan yang dialaminya waktu yang cukup lama.

Kondisi ini bisa disebabkan karena kurangnya vitamin A atau kelebihan vitamin A.. Hal ini pasti akan membuat Moms khawatir karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya.

Bagaimana cara menanganinya?

Bibir kering pada bayi yang baru lahir akan mengganggu bukan hanya si kecil namun juga Moms. Salah satu cara yang dapat Moms lakukan untuk menanganinya yaitu dengan mengoleskan ASI pada jari ke bibir bayi. Selain mampu memberi kelembaban, ASI juga bisa mencegah infeksi.

Moms juga dapat menggunakan minyak kelapa yang dioleskan ke bibir bayi. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa juga terdapat pada ASI. Dan jika payudara terasa perih atau nyeri setelah Moms menyusui kecil, oleskan minyak kelapa atau krim khusus pada putih payudara.

Lakukan hal ini agar bayi terhindar dari bibir kering

Selain mengobatinya, ada hal penting yang perlu Moms lakukan yaitu pastikan si kecil mendapatkan asupan ASI yang cukup.

Perhatikanlah berapa banyak dan sesering apa si kecil menyusu. Semakin bayi sering menyusu, maka semakin banyak ASI yang diproduksi oleh payudara. Hal ini akan mendorong lancarnya pemberian ASI pada bayi.

Moms juga harus menjaga kelembaban ruangan untuk mencegah bibir kering pada bayi. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas. Apabila bayi ingin keluar rumah saat cuaca sedang berangin atau cerah, maka tutupi wajah bayi menggunakan kain ringan agar angin atau panas tidak mengenai wajahnya secara langsung.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like