Hidung tersumbat merupakan kondisi yang tentu saja tidak nyaman untuk bayi. Bayi akan sulit untuk tidur serta akan kehilangan nafsu makan. Walaupun mengkhawatirkan, kondisi ini biasa terjadi saat mereka sedang pilek. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak yang masih berkembang. Moms bisa membantu si kecil terbebas dari kondisi yang tidak nyaman ini dengan melakukan cara mengatasi hidung tersumbat berikut. 

Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi?

Biasanya, bayi lebih sering terserang pilek dibandingkan orang dewasa. Gejala yang dialami yaitu bersin, hidung tersumbat, dan juga demam. Khusus untuk hidung tersumbat pada bayi, ada 5 cara yang bisa Moms lakukan. Diantaranya: 

1. Membuang lendir dari hidung

Apabila bayi Moms masih berusia di bawah 6 bulan, cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan yaitu dengan membuang lendir dari hidungnya menggunakan alat penyedot ingus bayi. Cara ini mudah untuk dilakukan, tetapi bayi yang berusia lebih tua mungkin akan rewel ketika menggunakan alat ini. 

2. Menghilangkan kerak lendir

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi selanjutnya yaitu dengan menghilangkan kerak lendir di hidungnya. Bersihkan lendir yang kering menggunakan kassa steril dan air hangat. Lakukan dengan perlahan agar tidak terjadi iritasi pada kulit bayi. 

3. Menghirup uap hangat

Menghirup uap hangat juga merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Apabila tidak mempunyai humidifier, Moms dapat menggunakan air mendidih yang dituang ke dalam baskom atau wadah lain sehingga bayi dapat menghirup uap hangat dari air panas. Biarkan bayi menghirup uap panas ini selama beberapa menit hingga hidungnya tidak lagi tersumbat. Tetapi, Moms harus memastikan bahwa si kecil tidak terkena air panas. 

4. Memastikan bayi tetap terhidrasi

Menjaga tubuh bayi agar tetap terhidrasi bisa mengurangi lendir di hidungnya, lho. Tetap susui bayi Moms dan khusus untuk bayi yang sudah MPASI, Moms bisa memberikannya air putih. 

5. Pastikan bayi istirahat dengan cukup

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang terakhir yaitu pastikan bayi istirahat dengan cukup. Hal ini dapat membantu mengalirkan lendir yang ada di dalam hidung. Agar bayi mudah untuk bernapas saat tidur, usahakan posisi tidurnya dapat mempermudah lendir untuk mengalir ke luar. Moms bisa menyangga kepalanya dengan bantal atau selimut. Jangan lupa untuk selalu mengawasi si kecil. 

Itulah 5 cara yang bisa Moms lakukan ketika bayi mengalami hidung tersumbat. Selamat mencoba!

Baca juga: Bayi Mengalami Cegukan? Ini Penyebabnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like