Terdapat beberapa cara mengobati cegukan pada bayi yang dapat Moms terapkan, salah satu cara yang paling umum adalah dengan membuat bayi bersendawa. Ketahui pula bagaimana cara mencegah bayi cegukan agar sang buah hati tidak mengalami cegukan terus menerus.

Cara menghilangkan cegukan pada bayi

Mengelus punggung bayi

Ketika bayi mengalami cegukan, Moms dapat mencoba mengobati dengan cara mengelus atau menggoyangkan bayi ke depan dan belakang secara perlahan untuk membantu ia lebih rileks dan dapat menghentikan kejang di diafragma yang memicu cegukan pada bayi.

Buatlah bayi sendawa

Ketika bayi sedang menyusu, Moms dapat berhenti sejenak untuk membuatnya bersendawa. Membuat bayi bersendawa dapat mengeluarkan gas berlebih dari perut bayi yang dapat memicu cegukan.

Buat bayi bersendawa sebaiknya tiap Moms mengganti ke payudara satunya atau tiap 59 sampai 88 mililiter susu apabila sang buah hati minum melalui botol susu. Moms dapat mencoba membuat bayi bersendawa dengan menepuk punggung bayi secara perlahan.

Pakai dot

Cara mengobati bayi cegukan yang paling mudah yaitu dengan memperhatikan dot atau botol susu yang digunakan bayi. Moms dapat menggunakan dot yang selalu diemut oleh si kecil untuk melemaskan diafragma dan membantu mengurangi cegukan pada bayi.

Mengubah posisi bayi

Posisi bayi ternyata dapat menjadi asal muasal pemicu bayi cegukan. Posisi tertentu dapat membuat bayi menjadi lebih rentan mengalami cegukan, seperti posisi ketika sedang berbaring atau saat sedang meminum ASI, dan sebagainya.

Periksa botol susu atau dot yang digunakan bayi

Tak jarang, penyebab munculnya cegukan sang buah hati adalah botol susu atau dot. Beberapa botol susu atau dot dapat membuat udara terperangkap lebih banyak dan hal inilah yang memicu cegukan.

Moms dapat memilih dot atau botol susu yang dirancang untuk meminimalisir masuknya udara lebih banyak.

Biarkan cegukan berhenti dengan sendirinya

Tak jarang Moms tidak perlu melakukan apa – apa karena cegukan pada bayi dapat berhenti dengan sendirinya. Moms membiarkan cegukan pada bayi jika cegukan tidak mengganggu sang buah hati.

Perlu diingat bahwa, ketika bayi cegukan, jangan memberikan jamu atau ramuan herbal tertentu tanpa konsultasi dengan dokter sebelumnya. Moms juga tidak boleh menarik lidah bayi, meminumkan air ke bayi dalam keadaan terbalik ataupun mengagetkan bayi.

Lalu bagaimana cara mencegah bayi cegukan?

Tidak hanya memperhatikan cara mengobati cegukan pada bayi, Moms juga dapat mencegah bayi cegukan dengan melakukan hal-hal berikut, antara lain :

  • Pastikan mulut bayi posisinya sudah benar menempel pada puting Moms.
  • Ketika menggunakan botol susu, posisikan botol susu lebih miring sekitar 45 derajat agar susu memenuhi mulut botol udara tidak masuk ke dalam botol.
  • Biarkan bayi tenang sebelum memberikannya susu.
  • Berikan susu sebelum bayi terlalu lapar.
  • Berikan bayi susu atau makan dalam porsi yang sedikit namun dengan frekuensi yang lebih banyak.
  • Hindari melakukan kegiatan yang memerlukan banyak gerakan atau energi setelah bayi sudah minum susu.
  • Biarkan bayi duduk tegak selama 20 sampai 30 menit setelah selesai minum susu.

Baca Juga : Bayi Kembung? Lakukan Cara Mengobati Bayi Kembung Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like