Sama halnya seperti orang dewasa, bayi juga bisa menderita pilek yang akan menyebabkan hidung bayi tersumbat. Moms pasti merasa tidak nyaman saat hidung sedang mampet, apalagi jika terjadi pada si kecil. Untuk para orangtua baru, hal tersebut pasti menyebabkan timbulnya rasa cemas serta khawatir soal bagaimana cara menanganinya. 

Nah, ada beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi hidung bayi yang  mampet. Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya berikut ini. 

Penyebab hidung bayi tersumbat

Penyebab hidung bayi tersumbat biasanya terjadi karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih berkembang dan akan membuatnya lebih rentan terkena flu. Bahkan, bayi bisa terkena pilek atau flu hingga sekitar 4-10 kali di tahun pertamanya. 

Virus flu ini biasanya tertular lewat orang-orang di sekitar bayi atau dari mainan yang terkontaminasi. Terutama saat udara dingin, hidung bayi menjadi lebih kering dan virus dapat lebih mudah masuk sehingga bayi terkena flu yang akan membuat hidungnya tersumbat. 

Baca juga: 3 Pilihan Aman Obat Pilek Untuk Bayi

Bagaimana cara mengatasinya?

1. Memberikan spray

Langkah pertama yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi hidung bayi tersumbat yaitu dengan memberikan spray pada hidung si kecil. Spray ini berisi cairan garam yang mampu menghilangkan mampet pada hidung bayi dan efektif diberikan pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan. Moms dapat membeli spray hidung ini di toko obat atau apotek terpercaya. 

2. Membersihkan hidung bayi

Moms dapat membersihkan hidung bayi untuk mengatasi hidung bayi tersumbat karena terkadang lendir atau ingus menjadi mengeras dan menjadi kerak apabila tidak dibersihkan. Sebenarnya, Moms wajib membersihkan hidung bayi ketika sedang atau tidak sedang flu agar bayi terhindar dari penyumbatan hidung. 

Caranya, Moms bisa menggunakan korek kuping yang sudah dibasahi air hangat, kemudian Moms dapat mencungkil kotoran yang sudah mengeras. Cungkil secara perlahan dan sebaiknya dilakukan saat si kecil sedang tidur. 

3. Memberikan penguapan pada ruangan

Memberikan penguapan pada kamar buah hati Moms dapat dijadikan sebagai cara mengatasi hidung bayi tersumbat. Asap serta kabut uap dapat membersihkan kotoran udara yang dapat menjadi penyebab bayi terkena flu. Ditambah, penguapan pada ruangan juga mampu memberikan bayi efek tenang sehingga ia bisa tidur lebih nyenyak. 

Baca juga: Apakah Normal Jika Bayi Berkeringat Saat Tidur Malam Hari?

4. Menepuk-nepuk bagian belakang bayi

Dengan menepuk-nepuk perlahan bagian punggung bayi ternyata dapat memberikan efek tenang serta mengatasi hidung bayi tersumbat. Moms dapat membaringkan si kecil pada posisi tengkurap, kemudian tepuk-tepuklah dengan perlahan. Dengan begitu, lendir yang menghambat pernapasan akan keluar. Bayi pun akan lebih mudah untuk bersin atau batuk. 

5. Mengatur posisi tidur

Menempatkan posisi kepala si kecil menjadi miring atau lebih tinggi dari kakinya dengan menempatkan bantal dapat membuat lendir mudah keluar sehingga bisa menjadi cara mengatasi hidung bayi tersumbat.

Jika si kecil sudah menginjak usia lebih dari 6 bulan, Moms dapat memberikan ia cairan berupa air hangat sehingga bayi akan terhidrasi dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh bayi agar tetap hangat. 

Baca juga: Batuk Apakah yang Sering Menyerang Bayi?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like