Berbeda dari orang dewasa, perawatan bayi tentunya membutuhkan lebih banyak perhatian. Karena bayi sangat sensitif maka Moms harus lebih berhati-hati jika ingin memilih produk perawatan yang tepat untuknya. Bahkan ada beberapa produk khusus bayi yang mengandung bahan-bahan kimia sehingga menyebabkan alergi atau iritasi pada bayi.

Apabila Moms terganggu dengan masalah ini, maka Moms dapat mencoba produk alami untuk perawatan bayi yang bebas dari bahan kimia berbahaya. Nah, minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang bisa Moms gunakan untuk perawatan bayi karena bahan alami yang satu ini memiliki banyak kegunaan. Lalu apa saja kegunaan minyak kelapa untuk bayi?

Apa saja kegunaannya?

Bukan hanya orang dewasa saja, bayi pun juga bisa mendapatkan manfaat dari minyak kelapa. Berikut ini beberapa kegunaan minyak kelapa.

1. Dapat mengatasi ruam popok

Salah satu kegunaan ruam popok yaitu dapat mengatasi ruam popok. Hampir semua bayi pasti pernah mengalami ruam popok. Untuk mengatasi dan mencegah ruam popok datang kembali, Moms dapat mengoleskan minyak kelapa setelah memandikan bayi dan pijat secara lembut.

Karena minyak kelapa bersifat melembabkan, maka ruam pun akan cepat sembuh sedangkan kandungan anti bakterinya dapat mencegah ruam untuk datang kembali.

Baca juga: Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi yang Bisa Moms Lakukan

2. Dapat mengobati sariawan

Bayi juga dapat menderita sariawan karena proses pemberian ASI. Nah, kegunaan minyak kelapa yang selanjutnya yaitu dapat mengobati sariawan. Moms bisa mengoleskan tipis pada puting susu saat memberikan ASI.

Selain itu, Moms juga dapat memberikan sedikit minyak kelapa pada mulut si kecil guna mempercepat penyembuhan karena minyak kelapa memiliki fungsi anti jamur yang mampu melawan sariawan.

3. Mampu menghilangkan jerawat pada bayi

Kulit bayi yang sangat sensitif menyebabkan ia mudah terserang jerawat. Moms pasti dapat melihat bintik-bintik berwarna kemerahan pada kulit bayi. Terkadang, bintik-bintik ini akan terasa gatal dan meradang sehingga bayi merasa kurang nyaman.

Apabila tidak ditangani, jerawat pada bayi pun dapat beresiko mengalami infeksi. Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan jerawat pada bayi, Moms hanya perlu menuangkan sedikit minyak kelapa ke telapak tangan, gosok tangan sampai hangat, lalu oleskan ke kulit bayi yang berjerawat.

Diamkan beberapa jam sebelum Moms bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

4. Dapat mengobati gigitan serangga

Dibanding kulit orang dewasa, kulit bayi lebih cepat memerah, bengkak, serta meradang apabila terkena gigitan serangga. Si kecil pun akan menjadi rewel jika gigitan terasa gatal atau panas. Salah satu kegunaan minyak kelapa yang bisa Moms dapatkan yaitu dapat mengobati gigitan serangga.

Caranya, Moms tinggal mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang tergigit oleh serangga, setelah itu diamkan beberapa saat atau sampai kulit bayi sembuh. Minyak kelapa mengandung anti-peradangan serta anti bakteri yang dapat mengobati gigitan serangga. 

5. Melindungi kulit bayi dari iritasi

Bayi mungkin belum membutuhkan pelembab. Namun, cuaca atau suhu ruangan terkadang dapat membuat kulit menjadi kering. Apabila dibiarkan, kulit bayi yang kering akan iritasi. Moms dapat menjadikan minyak kelapa sebagai pilihan aman untuk melindungi kulit si kecil dari iritasi.

Moms hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada kulit si kecil setelah Moms menggosok-gosok telapak tangan sampai hangat. 

6. Dapat mengurangi sakit gigi saat ingin tumbuh

Ketika bayi sudah berusia 4-6 bulan, gigi nya pun akan tumbuh. Pada umumnya, gigi bayi yang ingin tubuh akan menimbulkan gejala seperti gusi terasa gatal dan nyeri. Kondisi ini akan membuat si kecil menjadi rewel. Segera atasi kondisi ini dengan mengoleskan minyak kelapa pada gusi bayi.

7. Dapat meredakan pilek

minyak kelapa dapat membantu meredakan pilek bayi

Campuran minyak kelapa dengan minyak esensial sudah lama digunakan sebagai balsem pereda hidung tersumbat yang disebabkan karena pilek. Ada macam-macam produk balsem di pasaran yang biasanya mengandung bahan kimia serta bau yang menyengat. Caranya, oleskan campuran ini pada dada si kecil setelah itu diamkan selama semalam. Bayi pun akan merasa nyaman. 

8. Dapat mengobati dermatitis seboroik 

Kegunaan minyak kelapa yang selanjutnya yaitu mampu mengatasi dermatitis seboroik. Kulit bayi yang masih sensitif menyebabkan ia sering terkena dermatitis seboroik. Penyakit tersebut disebabkan karena jamur.

Pada orang dewasa jamur ini biasa muncul dalam bentuk ketombe. Minyak kelapa dapat Moms gunakan untuk mengobati dermatitis seboroik pada bayi karena minyak kelapa adalah agen antijamur.

9. Dapat merangsang pertumbuhan rambut bayi

Apabila si kecil mempunyai rambut yang sangat tipis dibanding bayi seusianya atau masalah pada pertumbuhan rambut, Moms dapat menggunakan minyak kelapa untuk mengatasinya. Minyak kelapa mengandung vitamin E dan K yang dapat merangsang akar rambut menjadi lebih kuat serta cepat tumbuh.

Caranya hanya dengan membasahi rambut bayi menggunakan air hangat setelah itu tuang minyak kelapa pada kulit kepalanya. Pijat perlahan, biarkan selama sekitar setengah jam, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga: Ketahui Manfaat Baby Oil Bagi Orang Dewasa

Apa saja jenis minyak kelapa yang baik untuk bayi Moms?

Minyak kelapa dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, dikonsumsi, ataupun memasak. Di bawah ini merupakan tiga jenis minyak kelapa yang baik digunakan untuk buah hati Moms.

Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni diekstrak dari daging buah kelapa yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari. Cara mengekstraknya yaitu dengan menghancurkan dan menggiling daging buah kelapa hingga minyaknya keluar. Minyak kelapa murni ini sama sekali tidak memiliki bahan kimia tambahan.

Virgin coconut oil

Virgin coconut oil dipercaya mempunyai kualitas lebih tinggi dibanding minyak kelapa murni. Perbedaan ini terletak dari proses ekstraksinya. Virgin coconut oil dibuat dari santan kelapa sehingga tidak melewati proses pengeringan dan juga tidak dipanaskan dengan sinar matahari. Selain itu, VCO memiliki kandungan antioksidan yang lebih kaya karena tidak melewati pemanasan.

Minyak kelapa organik
minyak kelapa organik

Minyak kelapa organik merupakan virgin coconut oil atau minyak kelapa murni yang berasal dari pohon kelapa yang tumbuh secara organik, yang dimana pohon kelapa ini tidak terkontaminasi oleh bahan kimia seperti pestisida ataupun pupuk kimia.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like