Sebenarnya, masuk angin bukanlah termasuk penyakit yang serius. Jadi, tidak ada obat yang bisa diminum oleh bayi ketika ia mengalami masuk angin. Namun, jika si kecil merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut, Moms bisa melakukan tiga hal sederhana sebagai cara mengobati bayi masuk angin. Berikut ini cara-cara yang bisa Moms lakukan. 

Bagaimana cara mengobati bayi masuk angin?

1. Menghangatkan tubuh bayi 

Cara mengobati bayi masuk angin yang pertama yaitu dengan menghangatkan tubuhnya. Saat bayi sedang mengalami masuk ingin, menghangatkan tubuhnya dapat membuat bayi merasa nyaman. Selain itu, Moms bisa membalurkan minyak telon di area dada, perut, punggung, pergelangan serta telapak kakinya untuk membantu menghangatkan tubuh bayi. Cara ini mampu meredakan perut bayi yang sedang kembung dan melancarkan pernapasannya. 

2. Memasang humidifier 

Memasang humidifier juga dapat menjadi cara mengobati bayi masuk angin, lho Apabila bayi masuk angin disertai dengan pilek dan batuk, pasanglah humidifier guna meredakan hidungnya yang tersumbat. Alat humidifier dapat membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam ruangan. Dengan menggunakan humidifier, Moms akan membuat udara menjadi steril. 

3. Jangan memasang kipas angin atau AC 

Saat bayi sedang mengalami masuk angin, sebaiknya kecilkan kipas angin atau suhu AC yang ada di dalam ruangan. Karena apabila dibiarkan menyala, suhu ruangan akan menjadi terlalu dingin dan dapat memperparah kondisi masuk angin pada bayi. 

Bawa bayi ke dokter apabila mengalami hal ini

Akan ada kondisi ketika bayi mengalami gejala masuk angin yang mengkhawatirkan, seperti demam tinggi. Demam yang dialami terjadi ketika suhu tubuh berada di atas normal (37,50 C). Hal ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Apabila bayi mengalami kondisi ini, cara mengobati bayi masuk angin yang perlu dilakukan yaitu dengan membawanya ke dokter karena perawatan yang dilakukan di rumah saja tidak akan cukup. 

Apabila bayi berusia kurang dari 3 bulan dan suhu tubuhnya mencapai 38° C, segera bawa ia ke dokter agar dapat ditangani sesuai dengan penyebabnya. Sedangkan jika bayi berumur 3-6 bulan, Moms masih boleh menunggu sampai suhu tubuhnya mencapai 38,5°C atau jika bayi sudah berusia di atas 6 bulan boleh menunggu hingga 40° C sebelum akhirnya dibawa ke dokter. Sampaikan pada dokter mengenai kondisi lain yang dialami oleh si kecil, misalnya seperti tidur terus, lemas, tidak mau minum, kejang, sesak napas, kaku duduk, diare, muntah, hingga sakit kepala hebat. 

Moms tidak perlu khawatir karena masuk angin bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, tergantung dengan daya tahan tubuh si kecil. Terus pantau kondisinya sambil memberi obat masuk angin alami. Selain itu, jangan lupa untuk membalurkan tubuhnya dengan minyak telon. 

Baca juga: Bayi Kembung? Lakukan Cara Mengobati Bayi Kembung Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like