Makanan Penyebab Sembelit Pada Bayi yang Wajib Diketahui

Makanan Penyebab Sembelit

Biasanya, bayi yang hanya diberikan ASI jarang menderita susah BAB atau sembelit. Namun, sembelit ini mungkin terjadi setelah Moms mengenal makanan padat asi atau MPASI pada si kecil. Maka dari itu, Moms harus teliti dalam memilih makanan agar bayi terhindar dari sembelit. Nah, apa saja makanan penyebab sembelit pada bayi? Simak penjelasannya berikut ini. 

Beberapa makanan penyebab sembelit 

Bayi mempunyai sistem pencernaan yang belum sempurna sepenuhnya. Inilah yang menyebabkan bayi hanya diberikan ASI sampai mereka berusia 6 bulan. Setelah melewati usia ini, barulah Moms boleh memberinya makanan lain yang beragam serta bertekstur lebih padat untuk dikonsumsi. 

Makanan padat pelengkap ASI ini akan mendukung pertumbuhan anak, mengurangi rasa lapar, serta membantu memenuhi kebutuhan energi serta nutrisi lainnya. Tetapi, bayi akan rentan mengalami sembelit ketika diperkenalkan dengan makanan ini. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi yang masih beradaptasi atau makanan yang diberikan belum tepat. 

Bayi baru lahir yang diberikan ASI pada umumnya akan buang air besar lebih dari 4 kali dalam seharinya, sedangkan bayi yang diberikan susu formula tidak lebih dari 4 kali seharinya. Namun seiring waktu, frekuensi buang air besar bayi akan berkurang menjadi setidaknya satu kali sehari. 

Ketika sembelit, bayi tidak akan bisa buang air dengan lancar dan juga selalu terlihat kesakitan ataupun menangis setiap waktu. Kondisi tersebut menyebabkan muncul gejala sembelit yang lain seperti kembung dan juga perut mulas sehingga membuat si kecil menjadi rewel.

Apabila Moms mengetahui penyebab dari sembelit pada anak adalah makanan, batasi atau hindari konsumsi makanan tersebut. Berikut ini beberapa makanan penyebab sembelit pada bayi yang perlu diketahui:

1. Sereal beras

Bukan hal yang mengejutkan apabila konsumsi makanan padat adalah penyebab sembelit pada anak. Sereal beras merupakan makanan padat yang sering diberikan pada bayi. Tapi sayangnya, sereal beras merupakan salah satu makanan penyebab sembelit dikarenakan rendah akan serat. 

Namun, Moms jangan khawatir. Ada makanan lain yang dapat dijadikan pengganti. Moms bisa mencoba sereal oatmeal dan selai karena keduanya mengandung banyak serat dibandingkan dengan sereal beras. 

Moms juga bisa menambahkan sedikit sari buah apel atau pir guna memberikan varian rasa serta sekaligus mencegah terjadinya sembelit. 

2. Pisang

Pisang sering dijadikan sebagai MPASI, selain karena tekstur lembutnya tapi juga rasa manis yang disukai oleh parah bayi. Tapi sayangnya, pisang merupakan salah satu makanan penyebab sembelit untuk beberapa bayi. 

Namun, kemungkinan besar sembelit terjadi karena buah pisang belum matang dengan sempurna. 

Pisang yang mentah bisa menyebabkan sembelit karena kandungan jenis pati di dalamnya yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, sebelum memberikan pisang pada anak, sebaiknya pastikan bahwa pisang sudah matang secara sempurna.

3. Produk susu

Produk susu seperti susu, keju, yogurt, atau es krim dapat menjadi makanan penyebab sembelit apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Belum diketahui dengan pasti alasan produk susu dapat menyebabkan sembelit pada bayi. 

Tetapi, kebanyakan percaya bahwa kandungan serat yang rendah serta lemak yang tinggi pada produk susu bisa memperlambat proses pencernaan sehingga menyebabkan sembelit. Bukan hanya itu, kandungan laktosa yang ada pada susu juga dipercaya mampu menyebabkan perut menjadi kembung. 

Hal tersebut juga berlaku untuk bayi yang diberi susu formula. Karena, apabila anak Mom mengonsumsi susu formula, kemungkinan dari penyebab sembelit berasal dari salah satu protein yang ada pada susu formula. 

Konsultasikan kembali dengan dokter apakah kandungan susu formula yang dikonsumsi merupakan penyebab dari sembelit pada bayi atau tidak. 

Baca juga: Penyebab Perut Bayi Kembung serta Cara Menanganinya

4. Makanan yang lain

Saat bayi dianggap sudah bisa mengunyah makanan yang keras, maka ia akan menikmati banyak variasi makanan, contohnya seperti makanan cepat saji.

Makanan yang terdiri dari kentang goreng, chicken nugget, atau ayam goreng dapat menjadi makanan penyebab sembelit, lho. Karena, makanan tersebut mengandung lemak serta minyak yang akan membuat pencernaan si kecil menjadi lebih lambat sehingga ia mengalami sembelit. 

Sama seperti makanan cepat saji, makanan yang sarat gula seperti permen, es krim, dan juga soda juga mampu menyebabkan sembelit. 

Karena itu, sebaiknya Moms olah makanan untuk anak dengan cara direbus atau dikukus guna mencegah terjadinya sembelit. 

Tips memberikan bayi makan agar tidak menyebabkan sembelit

Beberapa makanan yang termasuk ke dalam makanan penyebab sembelit sebenarnya tidak dilarang sepenuhnya, namun Moms perlu memperhatikan asupannya. Ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan agar makanan yang dikonsumsi tidak menjadi penyebab sembelit, diantaranya: 

  • Jangan memberikan makanan melebihi porsi yang disarankan. Pertimbangkan juga asupan serat dari makanan pendamping yang lainnya 
  • Memastikan asupan air putih anak cukup untuk mengimbangi serat dari makanan yang dikonsumsi
  • Mengenalkan makanan baru namun tidak secara bersamaan. Ganti makanan setelah 3 atau 5 hari

Untuk mencegah sembelit pada bayi, pastikan Moms selalu menyediakan makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayuran.  Serat dari kedua jenis makanan ini akan lebih mudah untuk dicerna oleh usus sehingga tidak menyebabkan sembelit. 

Dan lebih baik Moms tidak memberi anak makanan cepat saji. Karena jenis makanan ini bukan hanya menyebabkan sembelit, namun juga tidak menyehatkan untuk tubuh karena tingginya kandungan minyak, gula, serta garam. 

Baca juga: Bayi dan Anak Minum Jamu, Apakah Boleh?

Penyebabnya bukan hanya makanan

Makanan bukan hanya salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya sembelit pada bayi. Kondisi ini juga bisa dipicu karena beberapa faktor lainnya, seperti masalah kesehatan yang membuat bayi sulit untuk mencerna makanan atau kurangnya asupan cairan. 

Jika Moms telah mengubah pola makan anak dan sembelit masih berlangsung, konsultasikan dengan dokter secepatnya. Dokter akan menemukan penyebab dari sembelit serta menentukan pengobatan apa yang tepat untuk si kecil. Bisa meliputi perawatan di rumah ataupun memberikan obat medis guna mengurangi gejala sembelit yang diderita bayi. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x