Demam merupakan salah satu kondisi kesehatan yang tidak jarang terjadi pada bayi. Ini adalah salah satu respon sistem kekebalan tubuh ketika tubuh terserang infeksi. Moms pastinya akan merasa khawatir apabila si kecil terserang demam. Untuk meredakan demam pada anak dibutuhkan penanganan khusus, salah satunya yaitu memandikan bayi dengan air hangat. Tetapi, apakah memandikan bayi saat demam diperbolehkan? 

Apa Boleh Memandikan Bayi Saat Demam?

Sebenarnya tidak ada larangan memandikan bayi saat demam. Bahkan para ahli menyarankan bayi dimandikan ketika demam. Namun, berbeda dengan sekarang. Apabila diperlukan, makan Moms boleh saja memandikan atau tidak memandikan si kecil.

Bayi yang demam boleh dimandikan tapi dengan syarat menggunakan air hangat. Jangan menggunakan air dingin ketika memandikan bayi yang demam karena akan membuat si kecil menggigil. Tetapi, juga jangan terlalu panas. Karena air yang terlalu panas bisa membuat kulit terluka dan menjadi menggigil setelah dimandikan.

Ketika bayi terlihat menggigil, segera angkat dari bak mandi dan pakaikan ia pakaian hangat yang tidak terlalu tebal. Jangan mandikan bayi terlebih dahulu jika tubuhnya masih menggigil karena menggigil hanya bisa meningkatkan suhu tubuh si kecil dan bukan menurunkan. Cara lebih aman yang bisa Moms lakukan adalah membasuh dengan waslap yang dicelupkan ke air hangat.

Baca juga: Berapa Suhu Normal Badan pada Bayi?

Memandikan Bayi Bisa Menurunkan Demam?

Memandikan bayi saat demam ternyata bukanlah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh karena bayi mungkin saja bisa menggigil ketika mandi.

Guna mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Moms berikan obat penurun panas seperti ibuprofen atau paracetamol sebelum memandikan si kecil. Konsultasikan juga ke dokter atau baca petunjuk pemakaian sebelum memberikan obat kepada bayi. 

Apabila telah diberi obat, mungkin bayi tidak akan menggigil lagi setelah dimandikan sehingga kombinasi memberikan obat penurun panas dan memandikan bayi dengan air hangat bisa membantu menurunkan demam si kecil.

Karena apabila bayi tidak diberikan obat terlebih dahulu sebelum mandi, ini bisa menyebabkan si bayi menggigil karena tubuh mencoba untuk menaikkan suhu lagi dan akan memperparah demam yang diderita.

Baca juga: Waktu Tepat Memandikan Bayi yang Harus Moms Ketahui

Kapan Bayi Demam Harus Dibawa ke Dokter?

Apabila bayi Moms masih sangat muda yang dimana sistem kekebalan tubuh belum matang, segera bawa ke dokter ketika bayi mulai demam. Hindari juga memandikan bayi yang masih sangat muda saat demam karena bisa menjadi mengkhawatirkan. Moms mungkin tidak bisa menanganinya sendiri di rumah.

Segera bawa bayi ke dokter apabila sudah mencapai suhu seperti di bawah ini:

  • Usia kurang dari 3 bulan dengan suhu tubuh 38 derajat C atau lebih
  • Usia kurang dari 3-6 bulan dengan suhu tubuh 38,3 derajat C atau lebih
  • Usia lebih dari 6 bulan dengan suhu tubuh 39,4 derajat C atau lebih

Baca juga: Ketahui Cara Mengobati Bayi Masuk Angin Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like