Bagi Moms yang saat ini menjadi orang tua baru, atau dulu waktu baru mempunyai anak pertama kali, pasti sering bertanya ke orang sekitar jika ada sesuatu yang terjadi pada bayi. Misalnya saat bayi demam, maka akan diberitahu bahwa bayi demam karena tumbuh gigi, atau sedang ingin ninggiin badan.

Meski terkadang belum mengetahui kenapa jawabannya seperti itu, namun karena yang memberitahu adalah orang tua yang sudah mempunyai banyak anak, maka Moms pun akan mengangguk setuju.

Apa benar penyebab bayi demam karena tumbuh gigi?

Saat bayi tumbuh gigi, prosesnya memang menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan untuk si kecil. Bayi akan merasa tidak nyaman, juga akan lebih cengeng, dan rewel. Lalu jika pada saat yang bersamaan bayi terkena demam, maka timbulah kesimpulan bahwa bayi demam karena tumbuh gigi.

Runutan kejadian di atas memang sering terjadi, namun ternyata pendapat bahwa bayi demam karena tumbuh gigi hanyalah mitos belaka. Faktanya, tidak ada fakta atau penelitian yang menunjukkan bahwa tumbuh gigi pasti menyebabkan demam pada bayi. Menurut penelitian, tidak ada bukti bahwa bayi mengalami peningkatan suhu yang signifikan saat si kecil tumbuh gigi.

Baca juga: Bayi Menderita Demam Ketika Tumbuh Gigi, Benar atau Tidak?

Kalau penyebab demam bukan karena tumbuh gigi, lalu apa yang bisa membuat bayi demam?

Demam yang mungkin terjadi saat bayi sedang dalam fase tumbuh gigi bukan disebabkan oleh tumbuhnya gigi, tapi seperti penyebab demam pada umumnya, penyebabnya adalah adanya infeksi dari luar yang menyerang tubuh bayi.

Infeksi yang disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh bayi, membuat tubuh si kecil merespon dengan menaikan suhu tubunya untuk melawan zat asing tersebut. Kenaikan suhu tubuh itulah yang kita kenal dengan demam.

Penyebab orang sering menyalahartikan bahwa penyebab bayi demam karena tumbuh gigi adalah waktu munculnya demam sering bersamaan dengan periode tumbuh gigi pada bayi. Biasanya si kecil tumbuh gigi pada usia 4 sampai 7 bulan, dan berakhir pada usia kurang lebih 24 bulan.

Kebetulan pada rentang usia tersebut, bayi pun sedang dalam fase mempelajari banyak hal. Bayi pun sering memasukan apa yang mereka genggam ke dalam mulutnya. Selain itu, rasa tidak nyaman pada gusi akibat tumbuhnya gigi membuat bayi menggit atau menjilat benda-benda di sekitarnya untuk menenangkan rasa tersebut.

Benda-benda yang digigit atau dijilat tersebut bisa saja mengandung kuman atau bakteri yang akan mudah masuk ke dalam tubuh bayi, dan mengakibatkan bayi sakit demam, ataupun terkena penyakit lain seperti pilek, atau diare.

Jadi Moms perlu mengingat bahwa yang perlu dijaga adalah kebersihan tangan bayi dan jauhi benda-benda yang bisa dimasukan ke dalam mulut bayi untuk mencegah si kecil terkena demam.

Baca juga: Mengatasi Demam Naik Turun Pada Bayi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like