Pilek merupakan salah satu penyakit yang biasa dialami oleh bayi. Cuaca yang dingin serta paparan virus dapat menjadi salah satu penyebab bayi Moms pilek. Apabila hal ini terjadi, Moms tidak perlu khawatir. Agar liburan tetap menyenangkan, ikuti beberapa tips mengatasi bayi pilek di bawah ini. 

Apa saja tips mengatasi bayi pilek?

Liburan adalah momen yang menyenangkan bagi Moms sekeluarga. Tetapi, jika si kecil menderita pilek, hal ini pastinya cukup mengkhawatirkan bagi Moms. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips mengatasi bayi pilek yang dapat Moms lakukan. 

1. Memakai obat gosok

Ketika bayi menderita pilek, saluran hidungnya pasti menjadi tersumbat. Hal ini akan membuat si kecil susah untuk bernapas dan menjadi rewel. Sebelum itu, jangan langsung memberi bayi obat, namun Moms dapat mencoba mengoleskan obat gosok. Karena, bayi masih sulit untuk minum obat secara langsung lewat mulut. 

Mengoleskan obat gosok dapat menjadi salah satu tips mengatasi bayi pilek ketika sedang liburan. Karena selain mengurangi gejala pilek, tubuh bayi pun akan menjadi hangat. 

Tetapi, Moms jangan asal menggunakan obat gosok, ya. Pilihlah obat gosok yang berbentuk krim supaya tidak terasa berminyak, lengket, dan juga mudah meresap ke kulit bayi. Selain itu cari obat gosok yang memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat meringankan berbagai masalah kesehatan, salah satunya pilek. 

Baca juga: Mengi Pada Bayi, Sebenarnya Apa Penyebabnya?

Minyak atsiri merupakan senyawa yang diekstrak dari tanaman, seperti akar, biji buah, kayu, ataupun bunga. Minyak ini akan mulai bekerja saat dioleskan pada kulit ataupun dihirup secara langsung. Moms dapat memilih obat gosok yang memiliki kandungan minyak chamomile atau eucalyptus guna membantu melegakan pernapasan. 

Minyak eucalyptus adalah ekspektoran alami yang dapat membantu meringankan masalah pernapasan, termasuk untuk bayi. Sementara kandungan minyak chamomile dapat membantu si kecil untuk tidak lebih nyenyak walaupun sedang menderita pilek. Moms dapat mengoleskan minyak secara langsung pada leher, dada, serta punggung bayi. 

2. Mengganjal dengan bantal tinggi saat tidur

Tips mengatasi bayi pilek saat liburan yang kedua yaitu dengan mengganjal dengan bantal tidur ketika bayi tidur agar napasnya menjadi lebih lega. Cara ini akan membuat posisi kepala bayi otomatis lebih tinggi dari bagian tubuh lain. Bayi pun dapat tertidur dengan nyenyak. 

Baca juga: Hidung Bayi Tersumbat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

3. Mencukupi kebutuhan cairannya

Mencukupi kebutuhan cairan bayi adalah tips mengatasi bayi pilek yang selanjutnya. Apabila bayi berusia 6 bulan, Moms dapat memberinya makanan serta minuman yang hangat seperti susu dan sup. Tetapi, jika ia berusia di bawah 6 bulan, Moms dapat memberinya ASI. 

ASI merupakan pilihan asupan terbaik untuk bayi selama liburan karena makanan dan minuman yang dijual di luar belum tentu terjamin kebersihannya. 

4. Menyedot ingus bayi

Ingus yang terlalu penuh akan membuat si kecil sulit untuk bernapas. Apabila ingus bayi sudah mulai penuh, gunakanlah alat penyedot khusus untuk membuang lendir yang berlebih. Moms dapat memakai tetes hidung dulu guna membantu mengencerkan ingus bayi sebelum disedot. 

Tips mengatasi bayi pilek ini sangat membantu apabila si kecil masih berusia di bawah 6 bulan. Caranya mudah, Moms hanya perlu memencet bagian menggelembung pada alat penyedot khusus. Setelah itu, masukkan pipet ke lubang hidung lalu lepaskan bagian yang menggembung. Ingus pun akan tersedot dengan otomatis ke dalam alat penyedot. 

5. Menepuk punggung bayi dengan lembut 

Menepuk punggung bayi dengan lembut dapat menjadi tips mengatasi bayi pilek karena car aini dapat membantu lendir yang menyumbat untuk keluar dari hidung. Cara ini juga mampu membantu si kecil supaya lebih mudah untuk batuk apabila pilek dibarengi dengan batuk berdahak.

Caranya, baringkan bayi dengan posisi tengkurap di atas paha Moms lalu tepuk punggungnya dengan perlahan. Apabila si kecil sudah berusia lebih dari 1 tahun, Moms dapat menepuk punggungnya ketika ia sedang duduk. 

Baca juga: Bayi dan Anak Minum Jamu, Apakah Boleh?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like