Memandikan bayi adalah kegiatan yang menyenangkan tetapi juga mendebarkan. Karena memandikan bayi harus dilakukan dengan hati-hati, apalagi mengingat bayi mempunyai kulit sensitif. Apabila ini pertama kalinya bagi Moms, inilah waktu tepat memandikan bayi yang harus Moms ketahui.  

Waktu tepat memandikan bayi

Pada umumnya, Moms boleh saja memandikan bayi kapan saja asalkan tidak bertabrakan dengan waktu makan atau tidurnya.

Waktu tepat memandikan bayi biasanya saat pagi hari. Hal ini dikarenakan setelah mandi, bayi bisa dijemur di bawah sinar matahari agar suhu tubuh bayi menjadi hangat kembali. Tetapi, memandikan bayi di sore hari juga tidak menjadi masalah. Yang paling penting, Moms harus memastikan bahwa bayi tidak kedinginan sebelum dan setelah dimandikan.

Berapa kali sehari seharusnya memandikan si kecil?

Bayi yang baru lahir hingga belum bisa merangkak sebenarnya tidak perlu dimandikan terlalu sering setiap hari. Karena apabila terlalu sering mandi, kulit bayi akan cepat kering dan bisa iritasi. Bayi juga lebih mudah terkena permasalahan kulit. Jadi Moms perlu hati-hati saat merawat kulit bayi.

Memandikan bayi sekitar tiga hingga empat kali dalam seminggu selama tahun pertama sudah tergolong cukup. Namun, Moms dapat menyesuaikan sendiri kondisi si buah hati.

Karena mengingat Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dengan suhu tinggi serta lembab, beberapa orang tua ingin memandikan sang anak setiap hari. Hal ini tidak menjadi masalah asalkan Moms bisa berhati-hati saat memandikan si bayi. 

Terlepas dari berapa kali sehari memandikan bayi, hal penting yang harus dipastikan adalah jika si kecil selalu bersih. Bisa dilakukan dengan cara rutin mengganti popok, atau menyeka tangan, leher, muka, dan bagian kelamin setiap harinya.

Baca juga: Memandikan Bayi Saat Demam, Boleh atau Tidak?

Yang harus diperhatikan saat memandikan bayi

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum memandikan si kecil:

  • Jangan mandikan bayi sehabis menyusui atau makan. Tunggu beberapa saat hingga perut si menyesuaikan asupan masuk. Ini dilakukan guna menjaganya dalam keadaan terlalu kenyang saat dimandikan. Apabila perut terlalu kenyang tidak sengaja tertekan saat mandi, kemungkinan bayi akan muntah.
  • Moms sebaiknya jangan memandikan lebih dari 10 menit.  Selain bisa membuat bayi kedinginan, mandi terlalu lama dapat membuat kulitnya menjadi kering dan keriput.
  • Mandikan dengan air hangat karena bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan belum dapat mengatur suhu tubuh mereka sendiri.
  • Suhu air yang pas untuk si kecil mandi yaitu 38 derajat celcius. Moms bisa mengetesnya dengan mencelupkan ujung siku ke dalam bak mandi dan siku harus terasa hangat, bukan panas.
  • Sebaiknya Moms tidak memandikan bayi yang baru lahir dan apabila tali pusar belum lepas, meskipun dengan air hangat. Karena apabila tali pusar belum lepas, akan terjadi infeksi besar. Gantinya, Moms bisa menyeka tubuhnya dengan waslap yang dibasahi air hangat.
  • Moms bisa menyusui si kecil setelah selesai mandi. Kontak langsung yang terjadi saat menyusui akan membuat bayi merasa hangat dan nyaman. Dan membuatnya tertidur.

Itulah waktu tepat memandikan bayi serta penjelasan tentang apa saja yang harus diperhatikan saat memandikan bayi yang harus Moms ketahui. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like