Air Kelapa untuk Bayi, Boleh atau Tidak?

Air Kelapa untuk Bayi

Air kelapa sering dipercaya sebagai minuman dengan manfaat yang banyak bagi kesehatan bayi. Walaupun banyak yang menyarankan hal ini, Moms mungkin masih merasa ragu jika ingin memberikannya pada bayi. Sebenarnya, air kelapa boleh diberikan untuk bayi atau tidak, ya?

Apakah boleh memberi air kelapa untuk bayi? 

Moms tentu saja boleh memberikan air kelapa untuk bayi. Namun, ada aturan untuk usia tertentu apabila ingin memberi si kecil air kelapa. Bayi baru diperbolehkan meminum air kelapa jika usianya sudah diatas 6 bulan. 

Idealnya Moms bisa memberikan pada bayi yang berusia sekitar 6-8 bulan ataupun bersamaan dengan waktu si kecil mulai makan MPASI. 

Air kelapa dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan bayi. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, air kelapa dapat memberikan 3 gram serat, 2 gram protein, 0,5 gram lemak, 9 gram karbohidrat dan juga berbagai macam vitamin serta mineral lain. 

Selain itu, air kelapa kaya akan elektrolit, seperti magnesium, kalium, dan kalsium, yang dapat membantu menunjang fungsi organ tubuh-tubuh bayi. Kandungan kalori serta gulanya yang rendah juga termasuk ke dalam manfaat apabila Moms memberikan air kelapa untuk bayi.

Air kelapa dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung, meredakan konstipasi, sumber antioksidan, menurunkan tekanan darah, serta sumber hidrasi untuk tubuh. 

Baca juga: Jangan Berikan Bayi Minum Air Putih Dulu, Ini Penyebabnya!

Namun, air kelapa juga dapat memicu alergi

Selain diminum secara langsung, air kelapa dapat diolah dengan makanan padat lain sebagai sarapan, makan siang, ataupun makan malam bayi. Tetapi, Moms sebaiknya berhati-hati sebelum memberikan air kelapa untuk bayi.

Moms harus memastikan bahwa si kecil tidak memiliki alergi apapun yang berhubungan dengan kelapa serta semua olahannya. Cara untuk mengetahuinya, tunggu beberapa hari setelah si kecil pertama kali minum air kelapa, sebelum mengganti ke jenis minuman serta makanan baru yang lain. 

Apabila bayi memiliki alergi, biasanya gejala akan muncul beberapa hari setelahnya. Ini artinya, Moms tidak dapat memberikan kelapa serta produk olahan lainnya untuk bayi Moms. Namun, jika ia terlihat baik-baik saja atau bahkan menyukainya, maka Moms tidak perlu khawatir. 

Baca juga: Suhu Ruangan yang Tepat Agar Bayi Dapat Tidur Nyenyak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x