Bayi yang sudah terbiasa menyusui langsung dari payudara Moms mungkin akan agak susah saat diberi susu botol bahkan sampai menolaknya. Namun, mau bagaimanapun si kecil tetap memerlukan nutrisi yang ada pada susu agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Lalu apa yang harus Moms lakukan ketika bayi menolak susu botol?

Yang harus Moms lakukan saat bayi menolak susu botol

Jangan khawatir! Jika bayi Anda menolak susu botol, artinya Anda harus bersabar dalam memberikannya. Bayi tentu berbeda dengan orang dewasa, tidak bisa dipaksa. Anda harus pelan-pelan agar bayi menerima susu botol. Bagaimana caranya?

1. Menggunakan dot yang sesuai

Ketika bayi menolak susu botol, mungkin ia merasa dot pada botol sudah tidak nyaman entah lubang dot yang terlalu kecil, terlalu besar, serta alasan yang lainnya. Moms sebaiknya mengganti dot bayi dan pilihlah ukuran dan bentuk yang sesuai dengan mulutnya. 

2. Menciptakan suasana nyaman

Menciptakan suasana yang nyaman bisa Moms lakukan saat bayi menolak susu botol, karena perhatian bayi mudah untuk terganggu. Karena itu, saat Moms mau memberikan susu botol, sebaiknya perhatikan situasi sekitar terlebih dahulu.

Bawalah bayi ke tempat yang tenang dan juga nyaman agar bayi dengan mudah menerima susu botol. Sebagai orangtua, Moms juga harus bersikap tenang dan santai ketika ingin memberi si kecil susu botol. Hal ini dikarenakan bayi yang sensitif dan dapat merasakan suasana hati yang sedang Moms rasakan.

3. Menunggu waktu yang tepat

Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memberikan susu botol juga salah satu hal yang harus Moms ketahui saat bayi menolak susu botol. Moms sebaiknya memberikan susu botol disaat bayi tidak terlalu merasa lapar atau terlalu merasa kenyang.

Ketika bayi merasa sedikit lapar maka ia akan langsung menerima susu botol, namun ketika bayi terlalu merasa lapar ia akan menjadi gelisah dan marah sehingga menjadi lebih susah bagi Moms untuk memberikan susu botol.

Saat bayi marah, sebaiknya Moms jangan memaksanya karena ini dapat memperburuk suasana hatinya. Biarkan si kecil tenang terlebih dahulu baru Moms bisa memberikannya lagi.

Si kecil pasti menunjukkan isyarat-isyarat saat sudah merasa lapar. Apabila sudah begitu, maka segeralah memberikan susu botol untuk bayi. Moms dapat memberikan susu botol beberapa jam kemudian apabila Moms sudah memberikan makanan padat.

4. Temukan posisi nyaman untuk bayi

Posisi yang tidak nyaman bisa menjadi penyebab bayi menolak susu botol. Seperti misalnya, Moms memberikan susu botol saat bayi dalam posisi tidur sehingga dapat membuatnya tersedak serta meningkatkan resiko masalah pada gigi.

Saat memberikan susu botol, lebih baik Moms menggendong si kecil dengan posisi sedikit diangkat ke atas agar posisi kepalanya lebih tinggi dari posisi perut. Posisi ini akan memudahkan bayi untuk menelan. Moms harus memastikan juga bagian kepala, leher, dan badan berada di satu garis yang lurus.

Selain itu, Moms dapat memberikan susu botol dengan posisi bayi duduk atau berbaring dengan menggunakan bantal yang agak tinggi. Dengan begitu, susu akan mengalir lancar ke sistem pencernaan bayi.

5. Ibu atau ayah yang berhasil memberikan susu botol?

Saat Moms tidak berhasil memberikan si kecil susu botol, cobalah menawarkan tugas ini kepada suami. Karena kadang, bayi lebih ingin menerima susu botol dari orang lain selain ibunya, seperti ayah atau pengasuhnya.

Mungkin si kecil sedang merasa tidak nyaman karena suatu hal. Tapi biasanya, bayi hanya mau menerima susu botol dari ibunya saja. Jadi Moms harus lebih mengenali si kecil.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like