Asupan yang Baik untuk Bayi, Ini Manfaat ASI bagi Bayi

Manfaat ASI Bagi Bayi

Tidak ada asupan bayi yang lebih baik selain ASI. Alasannya sangat jelas, yaitu karena ASI mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi untuk tumbuh kembangnya. Mulai dari protein, vitamin, karbohidrat, lemak, serta berbagai mineral penting lain. Ketahui 5 manfaat ASI bagi bayi berikut ini. 

Apa saja manfaat ASI bagi bayi?

1 . Mencegah serangan penyakit 

Salah satu manfaat ASI bagi bayi yaitu untuk mencegah serangan berbagai penyakit. 

ASI eksklusif yang diberikan Moms untuk anak memiliki peran penting dalam meningkatkan ketahanan tubuh si buah hati. Berkat ASI, bayi dapat tercegah dari serangan penyakit yang bisa mengancam kesehatannya. 

Selain itu, ASI juga mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh. Zat tersebut dapat membantu tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Bayi pun akan memiliki kemungkinan kecil untuk terserang penyakit seperti alergi, diare, infeksi pernapasan, dan juga konstipasi. 

2. Membantu perkembangan otak dan fisik bayi

Manfaat ASI bagi bayi yang selanjutnya yaitu dapat membantu perkembangan otak sera fisik. Maka dari itu, seorang bayi yang berusia  0 hingga  6 bulan belum diperbolehkan untuk mengonsumsi apapun selain ASI. 

Selain itu, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif juga memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

3. Meningkatkan perkembangan kognitif

Pemberian ASI eksklusif ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan kognitif bayi, lho. Tetapi, hal ini memiliki beberapa faktor yang berhubungan dengan menyusui. Misalnya, IQ ibu atau kelas sosial. Studi ini juga dilakukan di negara-negara yang memiliki penghasilan tinggi. 

4. Berat badan bayi yang ideal

Manfaat ASI bagi bayi yaitu dapat memberikan berat badan yang normal untuknya. Karena, ASI merangsang lebih sedikit produksi insulin dibandingkan dengan susu formula. 

Hormon insulin sendiri dapat menyebabkan pembentukan lemak di dalam tubuh, yang dengan kata lain ASI tidak banyak menyebabkan pembentukan lemak pada bayi. 

Selain itu, ASI eksklusif juga memiliki kadar leptin yang lebih tinggi. Leptin adalah hormon yang memiliki peran dalam metabolisme lemak serta menimbulkan rasa kenyang. 

5. Dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi

Seperti penjelasan sebelumnya, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Ini dikarenakan manfaat ASI bagi bayi yaitu dapat mencukupi kebutuhan zat gizi dan energi yang dibutuhkan bayi hingga ia berusia 6 bulan. 

Oleh karena itu, sebenarnya bayi tidak perlu diberikan susu formula, minuman, atau makanan tambahan sebelum ia berusia 6 bulan. Karena memberikan ASI saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya setiap hari.

Baca juga: Produksi ASI Berkurang? Hindari 11 Kebiasaan Buruk Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x