Sang buah hati yang baru saja lahir hanya dapat mengonsumsi ASI dan karenanya ASI merupakan hal yang penting bagi si Kecil. Namun beberapa wanita yang sedang menyusui memiliki masalah dengan ASI yang dimiliki. Salah satunya permasalahan yang bisa dihadapi adalah kurang lancarnya ASI dari sang ibu. Lalu, bagaimana cara memperlancar ASI? Simak penjelasan dibawah ini.

Bagaimana cara memperlancar ASI?

Moms tidak perlu khawatir apabila kondisi ini bersifat permanen. Terkadang, Moms hanya memerlukan waktu untuk beradaptasi untuk bisa memberikan ASI dengan nyaman kepada sang buah hati.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Moms coba sebagai cara memperlancar ASI atau meningkatkan produksi ASI:

Stimulasi payudara seusai menyusui

Salah satu cara memperlancar ASI yang dapat Moms coba adalah menstimulasi payudara seusai menyusui si Kecil. Tambahan stimulasi dapat membantu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak ASI.

Moms dapat menggunakan pompa payudara (breast pump) ataupun tangan untuk mengosongkan payudara sehingga lebih cepat terisi kembali.

Jangan mengganti ASI dengan susu formula

Ketika Moms merasa kesulitan menyusui anak, mudah bagi Moms untuk ingin mengganti ASI dengan susu formula atau ASI dari botol. Akan tetapi, akan lebih baik apabila Moms tetap mencoba untuk menyusui anak dengan ASI, karena pada dasarnya menyusui si Kecil akan membantu meningkatkan produksi ASI. Semakin besar demand, semakin besar juga supply ASI yang dihasilkan.

Periksa cara menghisap bayi

Cara memperlancar ASI bisa didapatkan dengan memeriksa bagaimana si Kecil menghisap puting Moms. Hal ini dikenal dengan istilah perlekatan bayi ke payudara. Jika bayi tidak menghisap payudara dengan benar, maka ASI tidak dapat keluar dengan optimal. Moms dapat berkonsultasi dengan dokter jika Moms tidak yakin mengenai perlekatan bayi Moms.

Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan sang ibu, namun juga sebagai cara memperlancar ASI. Moms perlu beristirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi imbang.

Tidak hanya itu, hindari juga perilaku-perilaku yang bisa menghambat penerapan cara melancarkan ASI, seperti merokok, konsumsi alkohol, dan sebagainya.

Menambahkan waktu menyusui

Cara memperlancar ASI selanjutnya adalah dengan menambah waktu menyusui. Setidaknya bayi harus disusui selama 10 menit pada tiap payudara. Semakin lama bayi disusui, maka semakin meningkat pula stimulasi pada payudara.

Memperbanyak frekuensi menyusui

Selain menambahkan waktu menyusui, Moms juga bisa meningkatkan frekuensi menyusui bayi sebagai cara melancarkan ASI. Semakin sering Moms menyusui bayi, tubuh Moms akan memproduksi lebih banyak ASI.

Membangunkan bayi

Bayi memang lebih cenderung mudah tertidur, namun Moms perlu membangunkan bayi ketika sedang menyusuinya untuk membuat bayi aktif menyusui. Moms bisa membangunkan bayi dengan melepaskan bedong bayi, menggosok kaki bayi, bermain-main dengan telinganya dan sebagainya.

Minum air secukupnya

Perlu diketahui bahwa ASI terdiri dari 90 persen air, oleh karena itu Moms perlu minum air atau cairan lainnya sekitar enam sampai delapan gelas sehari untuk menghindari dehidrasi dan memperlancar ASI.

Konsumsi makanan yang tepat

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi, Moms juga dapat menerapkan cara memperlancar ASI dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan produksi ASI, seperti sayuran berdaun hijau, oatmeal, dan lain-lain.

Tidak hanya makanan, Moms dapat mengonsumsi suplemen tertentu yang dapat meningkatkan produksi atau kelancaran ASI.

Menyusui dengan kedua payudara

Hindari menyusui si Kecil dengan salah satu payudara saja, hal tersebut karena dapat membuat salah satu payudara lebih aktif berproduksi daripada yang lainnya. Payudara yang jarang digunakan untuk menyusui akan semakin menurun volume ASI-nya dan lama kelamaan akan berhenti berproduksi.

Oleh karena itu, cara melancarkan ASI yang benar tidak hanya di salah satu payudara saja namun kedua payudara. Moms dapat menyusui bayi dengan kedua payudara secara bergantian. Moms dapat menyusui bayi dengan payudara pagi saat pertama kali menyusui dan berikutnya menggunakan payudara yang kanan. Apabila bayi sudah terlalu kenyang dengan satu payudara, Moms dapat mengeluarkan ASI dengan menggunakan tangan atau pompa ASI dan menyimpannya sebagai stok.

Perlu diketahui bahwa tips-tips cara memperlancar ASI di atas tidak akan bekerja tanpa adanya keyakinan dari Moms. Stres dan rasa cemas bisa menghambat produksi ASI. Moms harus yakin dengan kemampuan Moms dalam mengurus dan memberikan ASI kepada Si Kecil.

Jangan lupa untuk menjalin hubungan yang dekat bersama buah hati dengan mengurus secara langsung, menyentuh, dan berinteraksi dengan si Kecil.

Jika Moms masih mengalami kesulitan atau masalah dalam menyusui atau dengan bayi, jangan malu dan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli laktasi.

Baca Juga: Asupan yang Baik untuk Bayi, Ini Manfaat ASI bagi Bayi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like