Diantara banyaknya pantangan makan bagi Moms yang sedang menyusui, salah satunya yaitu tidak minum air dingin. Karena menurut banyak orang, suhu dingin air es dapat terserap ke dalam ASI yang dikonsumsi oleh bayi sehingga membuat si bayi kedinginan dan flu. Tapi tenang, masih diperbolehkan untuk ibu menyusui minum es namun tidak boleh sembarangan. Ada aturan aman untuk Moms dan si kecil.

Baca juga: Asupan yang Baik untuk Bayi, Ini Manfaat ASI bagi Bayi

Ibu menyusui minum es bukan alasan anak jadi flu 

Kebanyakan orang percaya bahwa ibu menyusui minum es bisa mempengaruhi kesehatan si bayi karena air es yang diminum bisa mendinginkan ASI yang diminum si bayi. Tapi, faktanya tidak begitu. Sampai sekarang masih belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minum air ketika menyusui bisa membuat bayi menjadi kedinginan hingga flu.

Suhu pada air es yang Moms minum tidak akan menyebabkan suhu ASI menjadi dingin. Begitu ditelan, suhu minuman yang panas ataupun dingin akan berubah mengikuti suhu tubuh. Jadi, suhu air es yang dingin akan hilang ketika air sudah di dalam perut. Oleh sebab itu, ibu menyusui minum es tidak akan menjadi penyebab bayi kedinginan hingga sakit. 

Ditambah, sebenarnya minum es tidak menyebabkan flu. Karena flu disebabkan oleh virus. Penyakit flu bisa menular melalui udara saat seseorang sedang bersin, batuk, berbicara, atau meludah. Selain itu, bisa melalui air liur, ingus, darah, dan juga kotoran yang tersentuh oleh tangan sehingga menyebabkan virus terhirup.

Baca juga: Obat Flu untuk Ibu Menyusui, Mana yang Aman?

Minum es ketika menyusui berbahaya untuk kesehatan apabila?

Walaupun bayi tidak akan sakit karena ibu menyusui minum es, tetapi Moms juga tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi air es. Tidak akan menjadi masalah apabila Moms meminum air buatan sendiri karena airnya yang matang dan juga alat-alat yang steril.

Tetapi, lain halnya apabila Moms sering jajan di pinggir jalan karena Moms tidak tahu apakah batu es di dalam minuman yang diminum bersih atau tidak. 

Karena bisa saja air yang digunakan sudah tercemar sehingga bisa meningkatkan resiko tertular oleh penyakit lain, misalnya seperti diare. Apabila ibu menyusui yang terkena diare, bisa mengurangi produksi ASI nya karena tubuh akan mengalami dehidrasi.

Tentu saja ini akan mempengaruhi kesehatan serta tumbuh kembang bayi karena porsi minum ASI menjadi berkurang.

Jika Moms ingin minum es saat menyusui, pastikan minum tersebut tidak terkena bakteri penyebab penyakit. Lebih baik untuk membuat es sendiri agar Moms terhindar dari penyakit. 

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi Saat Menyusui? Ini Jawabannya!

Jangan lupakan asupan gizi yang lain ketika  menyusui

Ya, benar apabila makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu menyusui akan terserap dan diambil oleh si bayi. Nah, sebagai ibu menyusui, Moms lebih baik pintar-pintar ketika memilih makanan yang sehat juga bergizi. 

Khususnya untuk bayi 0-6 bulan yang makanannya hanya ASI saja. Hal ini mengharuskan Moms untuk memiliki kualitas ASI terbaik dengan banyak kandungan gizi. Caranya dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta mengonsumsi makanan bergizi.

Karena kebutuhan semua ibu berbeda-beda, konsultasikan berapa banyak kebutuh kalori dan juga zat gizi lain yang Moms butuhkan ke ahli gizi.

Baca juga: Produksi ASI Berkurang? Hindari 11 Kebiasaan Buruk Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like