Saat bayi sudah berusia 6 bulan, Moms sudah bisa mulai memberikan MPASI. Tetapi sebelumnya, Moms harus tahu terlebih dahulu jadwal makan bayi 6 bulan agar pemberian MPASI bisa berjalan dengan lancar. 

Ketika menginjak usia 6 bulan, bayi sudah dapat diberikan MPASI. Selain karena saluran pencernaan bayi yang sudah siap untuk diberi makanan padat, refleks bayi yang berusia 6 bulan juga sudah berkembang cukup baik. 

Bayi yang berusia 6 bulan umumnya sudah memiliki refleks lidah yang baik, bisa menegakkan kepala dengan baik, serta duduk tegak. Itulah beberapa ciri yang menjadi tanda bayi sudah siap untuk dikenalkan dengan MPASI. 

Rekomendasi Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

MPASI perlu diberikan dengan cara bertahap. Maka dari itu, Moms harus menyiapkan jadwal makanan untuk si buah hati sehingga ia bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan jenis serta tekstur makanan yang diberikan. 

Berikut ini rekomendasi jadwal makan bayi 6 bulan yang bisa Moms ikuti:

  • 06.00 – 07.00: ASI (sebanyak yang diinginkan bayi)
  • 09.00-10.00: Puree buah (2-3 sendok makan)
  • 12.00-12.30: ASI (sebanyak yang diinginkan bayi)
  • 14.00-15.00: Puree buah (2-3 sendok makan)
  • 17.30-18.00: ASI (sebanyak yang diinginkan bayi)
  • 20.00-21.00: ASI (sebanyak yang diinginkan bayi)

Perlu Moms catat bahwa jadwal makan bayi 6 bulan berbeda untuk setiap bayi, tetapi jarak waktu pemberiannya hampir sama yaitu 6 – 8 kali dalam sehari. Moms bisa bereksperimen dalam menemukan waktu yang cocok bagi si buah hati. 

Tips untuk memulai pemberian MPASI 

Di bawah ini merupakan beberapa tips pemberian MPASI yang masuk pada jadwal makan bayi 6 bulan, diantaranya:

  • Apabila anak menolak MPASI yang diberikan, cobalah tunggu beberapa menit atau beberapa hari. Jika ia tetap tidak tertarik, Moms tidak perlu merasa cemas karena di periode ini, MPASI masih termasuk makanan pelengkap dan bukan asupan utama untuk bayi
  • Apabila anak mau mengonsumsi satu jenis MPASI, tunggu selama 3 hari sebelum mengenalkannya dengan jenis MPASI yang lain. Jarak waktu ini diperlukan guna mengetahui apakah ia memiliki alergi terhadap makanan yang diberikan
  • Saat mengenalkan MPASI pada bayi, Moms dapat mencampur buah-buahan serta sayur-sayuran yang sudah dihaluskan dengan ASI. Hal ini bertujuan agar tekstur MPASI menjadi lunak dan mudah untuk dicerna oleh bayi
  • Supaya MPASI lebih kaya rasa, Moms bisa menambahkan sedikit gula dan garam ke dalamnya 
  • Saat memberikan MPASI, Moms boleh menyelinginya dengan menyuapi air putih untuk membantu bayi menelan makanan 
  • Hindari memberikan susu sapi atau madu untuk bayi karena keduanya baru boleh diberikan ketika bayi sudah menginjak usia 1 tahun

Selain melakukan beberapa tips yang sudah disebutkan diatas, Moms juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk merencanakan jadwal makan bayi 6 bulan serta jenis makanan apa saja yang boleh diberikan untuk bayi. Perlu diingat juga untuk tetap selalu mengawasi si buah hati ketika sedang makan untuk mengurangi resiko tersedak. 

Baca juga: 5 Resep Menu MPASI 6 Bulan yang Sehat dan Enak untuk Bayi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like