Memberikan bayi minum air putih sebelum mereka berusia genap 6 bulan mempunyai berbagai resiko kesehatan untuk si kecil. Sebetulnya tubuh bayi sudah didesain untuk bisa menahan dehidrasi, bahkan ketika cuaca panas, meskipun mereka hanya diberikan ASI atau susu formula jika dibutuhkan.

Memberikan bayi minum air putih justru dapat membuat perut bayi menjadi cepat kembung. Hal tersebut bisa menimbulkan efek berkurangnya keinginan bayi untuk minum ASI atau susu formula, hingga membuat mereka menjadi kekurangan nutrisi dari sedikitnya susu yang mereka minum.

Selain kondisi di atas, jika bayi mengkonsumsi terlalu banyak air putih malah dapat membuat bayi beresiko mengalami keracunan air, yang bisa berakibat fatal. Perlu diingat bahwa organ ginjal bayi belum berkembang dan berfungsi secara matang. Jika Moms memberi bayi minum air putih terlalu banyak, maka tubuh si kecil bisa mengeluarkan terlalu banyak garam akibat air putih yang diminum.

Kondisi di atas bisa menimbulkan ketidakseimbangan cairan tubuh, yang ujungnya bisa mengganggu aktivitas otak bayi. Gejala paling awal keracunan air biasanya adalah mengantuk dan lemas. Gejala lain yang bisa ditimbulkan akibat dari keracunan air adalah kondisi suhu tubuh rendah, tubuh bayi membengkak, yang biasanya terjadi pada wajah, hingga timbulnya kejang pada bayi.

Baca juga: Bayi Moms Mengalami Cegukan? Ikuti 4 Cara Ini untuk Menanganinya

Cukup berikan ASI sebagai asupan paling penting untuk bayi

ASI adalah produk alam yang sudah sempurna dan merupakan asupan bayi yang sudah sangat cukup untuk tumbuh kembang bayi. Di dalam ASI sudah terkandung vitamin, protein, lemak, dan semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi.

Oleh karena itu, pemberian ASI pada bayi, sejak dari si kecil lahir hingga mencapai usia 2 tahun merupakan hal penting yang sebisa mungkin dilakukan oleh Moms untuk si kecil. Kecuali jika memang ada halangan kesehatan yang membuat Moms terpaksa tidak melakukannya.

ASI mempunyai karakteristik yang membuatnya jadi lebih mudah dicerna dibanding susu formula. Selain itu, ASI juga mengandung antibodi yang bisa membantu kesayangan Moms melawan virus dan bakteri yang mengancam kesehatan mereka. Dengan rutin menyusui si kecil, akan menurunkan resiko mereka menderita asma atau alergi.  

Banyak penelitian membuktikan bahwa bayi yang disusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama hidupnya, akan menjadi lebih kebal terhadap beberapa penyakit seperti infeksi telinga, penyakit yang menyerang pernapasan seperti asma, dan juga serangan diare.

Tidak sepenuhnya beresiko fatal jika bayi minum air putih, saat usia si kecil sudah di atas 3 bulan. Namun lebih baik jika air putih diberikan pada waktu si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI, atau sesudah menginjak usia 6 bulan ke atas.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like