Di antara banyak jenis makanan, kacang hijau adalah salah satu makanan yang sering dijadikan untuk bekal balita saat diperiksa di Posyandu. Hal ini dilakukan bukan tanpa maksud. Kacang hijau dipilih sebagai makanan pendamping karena mengandung banyak nutrisi ideal untuk tumbuh kembang anak. Ada beberapa manfaat kacang hijau untuk bayi yang mungkin belum Moms ketahui. Berikut ini penjelasannya. 

Manfaat kacang hijau untuk bayi

1. Sumber vitamin dan mineral

Salah satu manfaat kacang hijau untuk bayi yaitu mengandung sumber vitamin dan mineral yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain mengandung vitamin A, E, C, B6, dan K, kacang hijau juga kaya akan kandungan riboflavin, tiamin, niasin, folat, zat besi, kalium , kalsium, fosfor, natrium, serta seng. 

Kandungan yang sudah disebutkan di atas merupakan pondasi yang penting, khususnya untuk perkembangan fisik serta mental balita. 

2. Kaya akan protein

Pemberian kacang hijau untuk bayi juga dilakukan karena bahan makanan yang satu ini kaya akan protein. Dalam 100 gram kacang hijau, terdapat kandungan protein sebanyak 23 gram. Jumlah tersebut dinilai lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kandungan yang ada dalam ikan, ayam, serta telur. 

Makanan yang kaya akan protein dianggap mempunyai peran dalam mendukung perkembangan otot serta organ bayi. Apabila dibandingkan dengan makanan yang lain, kacang hijau merupakan sumber protein yang baik serta minim resiko alergi terhadap bayi. 

3. Mudah untuk dicerna

Alasan pemberian makanan ini yang selanjutnya yaitu karena teksturnya yang lembut serta mudah dikunyah. Hal ini akan mempermudah sistem cerna dalam usus bayi dan tidak akan membuatnya gampang terserang sembelit. 

4. Melindungi anak dari gangguan kesehatan hati

Menurut penelitian, kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang memiliki peran penting bagi kesehatan hati. Itulah mengapa pemberian kacang hijau untuk bayi penting. 

Selain itu, efek kacang hijau terhadap jaringan hati juga menunjukkan bahwa makanan ini mempunyai potensi yang besar dalam penyembuhan dan juga pengurangan resiko yang berhubungan dengan gangguan kesehatan hati. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh anak

Bukan hanya mampu melindungi hati, memberikan kacang hijau untuk bayi juga dapat menjadi stimulan yang baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Hal ini akan membuat si kecil tidak gampang sakit, khususnya saat terpapar bakteri atau virus yang menjadi penyebab terjadinya infeksi. 

Walaupun baik bagi kesehatan, perlu Moms ingat bahwa pemberiannya baru bisa dimulai saat sang buah hati berusia 6 bulan. Oleh karena itu, jangan coba-coba untuk memberikannya sebelum waktu yang dianjurkan ya Moms!

Baca juga: 5 Resep Menu MPASI 6 Bulan yang Sehat dan Enak untuk Bayi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like