Makanan Penambah ASI untuk Moms yang Menyusui

Makanan Penambah ASI

Moms mungkin sering kelimpungan kalau produksi ASI sedikit. Cemas takut tidak bisa memberikan cukup ASI untuk si Kecil. Hal ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Namun, jangan hilang arah dulu ya, Moms. Ada beberapa makanan penambah ASI apa yang bisa Moms konsumsi kok. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!

Makanan Penambah ASI

Rasanya lega melihat si Kecil tidak rewel, ketika ASI lancar. Mungkin saja beberapa waktu, produksi ASI tersendat. DI dalam situasi seperti ini, Moms bisa mengelola menu makanan yang dikonsumsi untuk menambah ASI. Berikut beberapa makanan penambah ASI yang bisa Moms konsumsi, antara lain:

1. Oat

oat salah satu makanan penambah asi

Oat merupakan salah satu makanan yang dipercaya dapat menambah jumlah ASI. Berdasarkan laman Very Well Mind, kandungan beta-glucan dan saponin dapat mendukung produksi hormon prolaktin dan hormon lainnya yang mendorong produksi ASI. 

Baik oatmeal maupun oatmilk, makanan yang satu ini tentu memiliki segudang manfaat. Biji-bijian utuh menjadi sumber zat besi yang baik untuk Moms.

Setengah cangkir dry oats atau oats kering mengandung hampir 2 mg zat besi atau sekitar 20 persen dari yang dibutuhkan ibu menyusui per hari.

Baca juga: Cara Menyapih Anak Menggunakan Tips Berikut Ini!

2. Daging ayam tanpa lemak

dada ayam dipanggang

Kabar baik nih, Moms pecinta daging ayam. Ternyata daging ayam dapat mendorong produksi ASI. Penelitian Journal of Human Lactation, ayam mengandung protein dan galactagogue, substansi pendorong produksi ASI yang mampu membantu kecukupan ASI untuk si Kecil.

Disebutkan dalam penelitian tersebut, ternyata tidak cuma daging ayam saja, ada juga makanan lain yang mengandung galactagogue yang disarankan untuk Moms yang ingin menambah ASI. Mulai dari tahu, ikan, dan seafood.

Jadi, Moms bisa mengombinasikan makanan-makanan tersebut pada menu harian untuk dukung suplai ASI harian.

3. Bawang putih merupakan makanan penambah ASI

bawang putih, bahan makanan penambah asi

Moms, ternyata bahan dapur yang satu ini juga menjadi makanan penambah ASI. Dikatakan dalam laman What to Expect, dua siung bawang putih sudah cukup membantu produksi Moms. 

Moms bisa menyertakan bawang putih sebagai bahan makanan yang akan disajikan. Meskipun belum banyak penelitian yang mengulas hal ini, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca juga: Ketahui Nutrisi untuk Ibu Menyusui yang Harus Dipenuhi

4. Berbagai sayuran hijau adalah makanan penambah ASI

Manfaat Sayur Bayam

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan yang mengandung galactagogue, sama seperti ayam untuk menambah asi. Contoh sayuran hijau yaitu bayam, brokoli, daun katuk, daun jinten, dan kale. Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau sebanyak 1-2 porsi setiap harinya. 

Tidak hanya galaktagog, sayuran hijau juga memiliki kandungan lain yaitu senyawa fitoestrogen atau serupa dengan hormon estrogen. Senyawa ini baik dalam mendukung produksi ASI menjadi lebih banyak. So, perbanyak konsumsi sayuran hijau ya Moms!

Makanan-makanan penambah ASI di atas bisa Moms konsumsi jika mengalami produksi ASI sedikit atau bisa juga dikonsumsi sebagai antisipasi. Namun, jika ingin mendapatkan rekomendasi, Moms dapat berkonsultasi ke dokter.

Cara Lain Menambah Produksi ASI

Setelah Moms mengetahui beberapa makanan penambah ASI, berikut terdapat beberapa cara menambah produksi ASI selain dari makanan. 

1. Sering menyusui

Melansir Premama, hal yang bisa Moms lakukan dalam meningkatkan produksi ASI adalah dengan sering menyusui sang buah hati. Hal ini karena semakin banyak Moms menyusui bayi, semakin banyak pula ASI yang akan Moms hasilkan. 

Baca juga: Asupan yang Baik untuk Bayi, Ini Manfaat ASI bagi Bayi

2. Pompa merupakan cara lain selain makanan untuk penambah ASI

Cara meningkatkan produksi ASI selanjutnya adalah dengan memompa. Moms dapat memompa ASI selama 10-20 menit setelah menyusui. Moms juga bisa melakukan cara ini selama 2-3 hari berturut-turut. 

3. Pijat payudara

Moms dapat memijat payudara pada saat menyusui atau memompa. Hal ini juga dapat memaksimalkan ASI keluar lebih banyak pada saat Moms memompa.

Baca juga: Tiga Langkah Mudah Membuat Bayi Sendawa Sesudah Menyusui

4. Makan dan minum lebih banyak

Meskipun Moms sangat sibuk dalam mengurus bayi yang baru lahir, penting untuk tetap memerhatikan pasokan makanan dan minuman bagi Moms. Seorang ibu menyusui harus memprioritaskan makan dan minum yang cukup sepanjang hari. Tidak ada yang bisa menahan pasokan susu lebih cepat daripada lapar atau dehidrasi. Moms bisa membawa snack dan botol minum kemanapun Moms pergi agar tetap ingat untuk makan dan minum.

5. Istirahat yang cukup

Pastikan Moms istirahat dengan cukup agar tubuh dapat optimal dalam meningkatkan produksi ASI. Apabila tidur cukup, tubuh tidak mudah lelah sehingga ASI juga dapat keluar dengan optimal.

Nah, itulah beberapa makanan dan cara penambah ASI bagi Moms yang sedang menyusui. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Produksi ASI Berkurang? Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Referensi:

Foods to Increase Breast Milk Supply. (2021). Retrieved 7 August 2021, from https://www.whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/foods-that-increase-breast-milk-supply/

How to Boost Your Milk Supply Fast – Tips From a Twin Mom!. (2021). Retrieved 7 August 2021, from https://www.premamawellness.com/blogs/blog/how-to-boost-your-milk-supply-fast-tips-from-a-twin-mom

Buntuchai, G., Pavadhgul, P., Kittipichai, W., & Satheannoppakao, W. (2017). Traditional Galactagogue Foods and Their Connection to Human Milk Volume in Thai Breastfeeding Mothers. Journal Of Human Lactation33(3), 552-559. doi: 10.1177/0890334417709432

Eating Oatmeal to Help You Produce More Breast Milk. (2021). Retrieved 12 August 2021, from https://www.verywellfamily.com/oats-oatmeal-and-breastfeeding-431850

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x