Ibu menyusui yang terserang flu tentu tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat, terutama obat yang dijual bebas. Namun, jika tidak segera diatasi, kemungkinan flu bisa menulari bayi. Lalu, apa saja obat flu untuk ibu menyusui yang aman untuk dikonsumsi?

Flu merupakan penyakit yang ditularkan oleh virus. Moms dapat tertular virus ini lewat percikan air liur di udara saat penderita batuk dan bersin atau ketika tidak sengaja menyentuh benda yang terpapar oleh virus. Moms pun akan mengalami beberapa gejala seperti hidung tersumbat, pilek, demam, serta sakit kepala. 

Beberapa obat flu untuk ibu menyusui

Flu sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya jika Moms mendapatkan istirahat cukup serta mencukupi asupan cairan sehari-hari. Namun, jika Moms mengalami flu berat hingga mengganggu aktivitas seharian, sebaiknya minumlah obat untuk meredakan gejala agar Moms dapat mengurus bayi lagi. 

Di bawah ini merupakan beberapa pilihan obat yang aman untuk dikonsumsi ibu menyusui:

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat flu untuk ibu menyusui yang aman karena tidak mempengaruhi  pasokan ASI. Paracetamol bekerja dengan cara mengurangi produksi zat penyebab peradangan yang disebut dengan prostaglandin. 

Menurunnya kadar prostaglandin ini akan membuat nyeri dan demam mereda. Tetapi jika Moms meminum obat flu yang lain, sebaiknya pastikan bahwa obat tersebut tidak mengandung paracetamol juga. Sehingga, dosisi yang diminum tidak berlebihan. 

2. Dekongestan

Obat flu untuk ibu menyusui yang kedua yaitu dekongestan. Dekongestan memiliki kandungan pseudoephedrine atau phenylephedrine yang digunakan untuk melegakan hidung tersumbat saat flu. Untuk Moms yang sedang menyusui, disarankan untuk minum obat dekongestan dalam bentuk tetes karen dipercaya tidak berpengaruh terhadap pasokan ASI serta aman untuk bayi. 

3. Ibuprofen

Walaupun Ibuprofen masuk ke dalam ASI, Moms tidak perlu khawatir karena ibuprofen merupakan obat flu untuk ibu menyusui yang aman dan tidak berbahaya. Ibuprofen tidak memberikan efek samping untuk sang anak. Obat ini dapat mengurangi nyeri otot, sakit kepala saat flu, serta gejala demam. 

4. Antihistamin

Jika flu terjadi karena reaksi alergi, Moms perlu obat flu yang mengandung antihistamin. Namun, jenis obat ini memberikan efek samping mengantuk. Apabila ingin minum obat yang mengandung antihistamin, Moms bisa memilih cetirizine atau loratadine, karena berkemungkinan kecil untuk membuat Moms mengantuk. 

Selain dengan obat flu untuk ibu menyusui yang sudah disebutkan, Moms bisa segera sembuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat, minum banyak air, melembabkan udara dengan humidifier, dan istirahat yang cukup. 

Antisipasi penularan lewat kontak fisik dengan bayi     

Walaupun sedang menderita flu, bukan berarti Moms tidak menyusui bayi. Moms tidak perlu takut untuk tetap menyusui. Karena saat sakit, bayi akan memperoleh antibodi lewat ASI. Hal tersebut sangat berguna untuk menangkal serangan penyakit yang sedang Moms alami. 

Agar bayi tidak tertular flu, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Jangan bersin di hadapan bayi dan gunakan masker
  • Cuci tangan dengan sabun ketika ingin memegang atau menyentuh bayi
  • Gunakan selimut bersih pada bayi ketika ingin memangkunya
  • Jangan berbagi alat makan bersama bayi
  • Bersihkan payudara dengan air hangat dan sabun ketika ingin menyusui

Nah, itulah keempat obat flu untuk ibu menyusui yang bisa Moms minum. Namun jika merasa ragu, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter terkait jenis obat flu apa yang dengan kondisi.

Baca juga: Ibu Menyusui Minum Es, Apa Bayi Jadi Pilek? 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like