Moms mungkin akan berpikiran bahwa bayi menderita demam jika ingin tumbuh gigi. Tumbuh gigi adalah kondisi yang menyakitkan untuk bayi. Selain merasa tidak nyaman dan menjadi rewel, bayi akan mengalami demam. Tapi, apakah benar bayi menjadi demam ketika ingin tumbuh gigi? Atau ada hal lainnya yang bisa menjadi penyebab? Simak penjelasannya berikut ini.

Bayi menderita demam saat tumbuh gigi, apakah benar?

Bayi menderita demam saat ingin tumbuh gigi ternyata hanya mitos, lho. Tidak ditemukan penelitian atau fakta yang bisa membuktikan demam akan terjadi ketika bayi sedang tumbuh gigi. 

Namun, bayi menderita demam saat tumbuh gigi mungkin terjadi. Tapi kondisi ini disebabkan oleh bati yang terkena infeksi dari luar sehingga menyebabkan si kecil menderita demam. Bakteri atau kuman yang masuk ke dalam tubuh si kecil dapat menjadi penyebab infeksi sehingga demam pun muncul sebagai respon saat melawan zat asing.

Biasanya gigi bayi akan tumbuh ketika ia berusia 4-7 bulan dan berakhir saat ia berusia 24 bulan. Semasa usia ini, bayi akan penasaran dengan banyak hal baru. Tidak jarang si kecil akan memasukkan benda apapun yang sedang digenggam.

Bayi biasanya menjilat atau menggigit benda tersebut untuk menenangkan gusi ketika gigi ingin tumbuh. Padahal, bisa saja benda tersebut mengandung bakteri dan kuman yang akan menyebabkan diare, pilek, hingga demam.

Tanda-tanda bayi ingin tumbuh gigi

Setelah Moms mengetahui alasan bayi menderita demam saat ingin tumbuh gigi, apa saja tanda yang bisa Moms ketahui saat bayi ingin tumbuh gigi? Di bawah ini adalah tanda-tanda umum yang biasa terjadi, di antaranya:

  • Bayi sering meneteskan air liur
  • Gusi menjadi bengkak atau memerah
  • Mudah marah
  • Menjadi lebih rewel dan sering menangis dari biasanya
  • Kesulitan untuk tidur
  • Sering berusaha mengunyah, menghisap, atau menggigit sesuatu
  • Suka menggosok-gosok wajahnya
  • Nafsu makan berkurang
  • Suka mengusap telinganya
  • Terlihat gigi di bawah gusi

Apabila si kecil menunjukkan beberapa tanda di atas, maka kemungkinan besar bayi Moms sedang tumbuh gigi. Tanda-tanda tersebut hanya akan berlangsung selama beberapa hari. Namun ada juga bayi yang tidak menunjukkan gejala apapun meskipun ia sedang tumbuh gigi sehingga Moms akan sulit untuk mengetahui kapan si kecil mulai tumbuh gigi.

Baca juga: Tips Menenangkan Bayi Menangis dan Rewel yang Bisa Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
khoiru Rizki

Thanks infonya, benar sekali. Anakku punya tanda-tanda seperti itu. Dan ternyata tumbuh gigi ya. Pantes rewel terus.

You May Also Like