Apakah Moms sering memperhatikan sang buah hati ketika sedang menyusui? Terkadang, bayi terlihat gelisah seperti lebih banyak bergerak dan seperti tidak nyaman serta menangis. Lalu apa penyebabnya? Yuk simak penjelasan berikut.

Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa kegelisahan sang buah hati diakibatkan  dari makanan yang Moms konsumsi. Walaupun mungkin benar bahwa ada alergi makanan atau intoleransi dapat menjadi penyebabnya, akan tetapi sebaiknya Moms mempertimbangkan kemungkinan lain terlebih dahulu.

Saat perilaku bayi menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres, penting bagi Moms untuk terus mencari solusi yang tepat agar sang buah hati merasa lebih baik.

Penyebab Bayi Terlihat Gelisah

Lapar

Apabila Moms pernah menunda atau menjadwalkan pemberian ASI kepada sang buah hati, mungkin ini merupakan salah satu penyebab ia terlihat gelisah. Hal ini akan membuat sebagian besar bayi merasa tidak bahagia. Mereka seringkali rewel pada saat menyusu. Perlu Moms ketahui bahwa, waktu yang normal bagi bayi menyusu adalah sekitar 8-12 kali setiap 24 jam.

Kurangnya asupan ASI

Bayi terlihat gelisah mungkin karena ia tidak mendapatkan cukup ASI. Hal ini mungkin ia tidak menunjukkan kenaikan berat badan yang stabil. Naiknya berat badan mingguan dapat bervariasi. Oleh sebab itu, pastikan Moms mengeceknya agar sesuai dengan tabel tumbuh kembang bayi yang ideal.

Kelebihan pasokan ASI atau terlalu kuatnya aliran ASI

Pada saat Moms memproduksi terlalu banyak ASI, penyebab bayi terlihat gelisah mungkin akan terlihat bahwa ia lebih sering mengeluarkan kembali ASI yang telah diisapnya. Hal ini karena mereka terlalu banyak angin yang masuk ke tubuhnya.

Sariawan

Bayi yang terlihat gelisah mungkin mengalami sariawan di mulutnya. Gejala utamanya adalah mereka rewel karena mulutnya terasa sakit dan gatal serta terbakar.

Terdapat gangguan di perutnya

Bayi dengan gastro-oesophageal reflux (GOR) mempunyai kelemahan pada jaringan di sekitar celah antara kerongkongan dan lambung. Sehingga, isi lambung dapat bergerak kembali ke tenggorokannya. Gejala yang terlihat umumnya adalah muntah, kolik, menangis dan tiba-tiba terbangun di malam hari.

Itulah beberapa penyebab bayi terlihat gelisah. Oleh karena itu, perlu bagi Moms untuk memastikan bahwa bayi tidak mengalami hal tersebut, sehingga proses menyusui dapat berjalan lancar.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasi Bayi Cegukan!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like