Tengkurap atau tummy time bisa membantu perkembangan bayi di periode emas, khususnya untuk membangun kekuatan otot kepala, leher, lengan, dan bahu. Tidak hanya itu, tengkurap juga dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar, mencegah sindrom kepala datar, hingga membantu anak membangun kekuatan untuk berguling, duduk, merangkak, dan akhirnya siap berjalan. Lalu, bagaimana cara melatih bayi tengkurap dengan mudah? Simak beberapa tips berikut ini yuk, Moms.

Biasanya, bayi mulai dapat menggerakkan dan membalikkan badannya hingga ke posisi tengkurap sekitar 3 sampai 5 bulan. Akan tetapi, tidak semua anak memiliki perkembangan yang sama. Bisa jadi lebih cepat ataupun lebih lama. 

Cara melatih bayi tengkurap

Pastikan Moms untuk tetap waspada dan terjaga

Cara pertama yang perlu Moms perhatikan saat melatih bayi tengkurap adalah pastikan Moms dan bayi sama-sama terjaga. Moms perlu mengawasi penuh gerakan bayi ketika dia tengkurap.

Moms dapat melakukan hal ini ketika sang buah hati baru bangun tidur, setelah berganti popok, setelah mandi, atau ketika sedang beristirahat.

Sediakan alas yang nyaman

Sebelum melatih bayi tengkurap, Moms dapat menyiapkan selimut di area yang bersih sebagai alasnya. Letakkan anak dengan posisi perut di bawah selama tiga sampai lima menit.

Untuk bayi yang baru lahir, Moms dapat memulai dengan meletakkan sang buah hati di pangkuan atau dada selama satu hingga dua menit. Lakukan kegiatan ini sampai tiga kali per hari.

Cara lain saat melatih bayi tengkurap, Moms dapat meletakkan bantal di atas selimut agar anak semakin nyaman. 

Selanjutnya Moms dapat meletakkan anak di atas bantal dalam posisi tengkurap, dengan tangan dan bahu yang menopang posisi tersebut.

Lakukan secara bertahap

Jangan terburu-buru dalam mempraktekkan beberapa cara untuk melatih bayi tengkurap. Kegiatan ini dapat dimulai setelah Moms dan sang buah hati pulang dari rumah sakit pasca-proses persalinan.

Leann Kridelbaugh, seorang dokter spesialis anak di Children’s Medical Center of Dallas dalam wawancaranya dengan Web MD menyatakan bahwa sesi tengkurap pada bayi dapat dimulai selama 3-5 menit, sebanyak 2-3 kali per hari.

Seiring bertumbuhnya bayi, Moms dapat menambah durasi tengkurap hingga 40-60 menit per hari.

Gunakan benda yang menarik perhatian bayi

Cara berikutnya yang dapat Moms terapkan untuk melatih bayi tengkurap adalah dengan meletakkan benda di sekitar sang buah hati. Cara ini akan membuat bayi tetap fokus ketika belajar tengkurap.

Moms dapat meletakkan mainan atau buku di sekeliling bayi. Tidak hanya dapat melatih tengkurap, cara ini juga bermanfaat untuk penglihatannya.

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi, Moms dapat meletakkan cermin di sekitarnya. Hal ini dapat melatih penglihatan sang buah hati dengan menatap bayangan mereka.

Lakukan aktivitas yang bisa menarik perhatian

Healthline menyatakan terdapat berbagai cara yang dapat membantu Moms melatih bayi tengkurap, termasuk melakukan kegiatan menarik. Moms dapat mencoba melakukan kegiatan seperti berikut ini.

  • Berbaring di sebelah bayi, bacakan buku untuk mereka, tersenyum, dan menatap mereka selama waktu latihan tengkurap.
  • Bicara dan bernyanyi untuk sang buah hati dengan suara yang menenangkan.
  • Tatap wajah bayi dan tiru mimik wajah mereka.
  • Kenalkan berbagai warna, bentuk, dan tekstur kepada bayi.

Nah itulah beberapa cara melatih bayi tengkurap. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Langkah yang Perlu Dilakukan Saat Melatih Bayi Duduk

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like