Apabila Moms ingin melatih bayi untuk tengkurap, sebenarnya Moms bisa melatihnya sejak usia sebulan. Tetapi, Moms harus bijak saat melatih si ke kecil untuk tengkurap di usia tersebut karena meskipun posisi ini bagus untuk merangsang perkembangan motorik dan melatih kekuatan leher si bayi, posisi ini bisa beresiko meningkatkan sindrom bayi meninggal mendadak ketika dilakukan dengan sembarangan. Lalu, kapan waktu yang dan juga cara melatih bayi untuk tengkurap yang benar?

Baca juga: Ketahui Cara Melatih Anak Berjalan Berikut Ini!

Bagaimana Cara Melatih Bayi Tengkurap?

Bayi sudah mampu tengkurap atau membalikkan badan sendiri saat umur 3-5 bulan. Ada juga yang baru bisa tengkurap pada usia 6-7 bulan saat otot lengan dan lehernya cukup kuat.

Biasanya bayi tidak suka suka berada dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Ketika merasa bosan, si kecil akan menjadi rewel saat sedang ada pada posisi tengkurap. Itulah mengapa Moms harus bisa mencari cara lain untuk menarik perhatiannya agar tidak  mudah bosan.

Inilah beberapa cara melatih bayi tengkurap yang bisa Moms lakukan.

1. Rutin Melakukan Tummy Time

Moms bisa melakukan tummy time sebagai salah satu cara melatih bayi tengkurap guna merangsangnya untuk belajar tengkurap. Waktu ideal yang diberikan saat tummy time yaitu sekitar 5 menit. Lakukan ini dengan berulang selama anak masih dalam keadaan terjaga. Selain itu, letakkan si kecil di tempat yang bersih dan nyaman.

Apabila ia merasa mulai tidak nyaman atau menangis, maka jangan dipaksakan. Tunggu hingga ia rileks kembali. Moms bisa menggendongnya atau mengubah posisi menjadi telentang untuk membuat suasana hatinya membaik.

2. Mengganti Posisi Saat Menyusui

Ketika menyusui, bayi dengan otomatis akan mengikuti lokasi puting susu ibu. Moms bisa menaruh bayi dengan posisi tengkurap di atas perut saat sedang menyusui. Posisi ini biasanya akan membuat si kecil merasa nyaman.

Biarkan ia melatih keseimbangannya sendiri. Cara melatih bayi tengkurap yang satu ini juga bisa menguatkan ikatan antara Moms dan bayi karena bisa saling berinteraksi dengan menatap satu sama lain.

3. Menggunakan Mainan 

Menggunakan mainan merupakan salah satu cara melatih bayi tengkurap. Moms bisa mengatasi suasana hati si kecil yang susah diprediksi dengan menggunakan mainan lucu agar ia tidak cepat bosan. Taruhlah mainan bunyi-bunyian dan yang berwarna cerah lalu biarkan si kecil meraihnya.

Moms juga dapat menggunakan bola kecil untuk menarik perhatiannya dan membuatnya nyaman pada posisi tengkurap. Pasalnya, posisi ini berguna untuk merangsang kemampuan mengangkat badan dan bergerak untuk mengambil mainan di hadapan si bayi.

4. Gunakan Ekspresi Lucu

Menggunakan ekspresi lucu sehingga si bayi tertarik pada satu aktivitas. Moms juga bisa meniru suara binatang untuk menarik perhatian anak. Biasanya anak-anak suka dengan cara yang satu ini dan tidak sedikit dari mereka yang tertawa karena ekspresi wajah yang Moms buat.

5. Jangan Mudah Menyerah

Cara melatih bayi tengkurap tentu saja membutuhkan banyak strategi agar ia tidak merasa bosan. Oleh karena itu, Moms jangan mudah menyerah dan terus cari ide menarik lainnya agar si kecil merasa nyaman saat dalam posisi tengkurap. Ketika saatnya si bayi bisa tengkurap dengan sendiri untuk pertama kali pasti akan menjadi kejutan untuk Moms.

Baca juga: Bayi Jatuh dari Ranjang? Lakukan 4 Hal Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like