Bayi memang rentan mengalami cegukan. Hal ini disebabkan karena mekanisme kontrol refleksnya belum berkembang secara maksimal. Kondisi ini merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Tetapi, Moms juga harus mengatasinya apabila cegukan ini mulai mengganggu kenyamanan si kecil. Ada beberapa cara mengatasi bayi cegukan yang bisa Moms pelajari. Baca penjelasannya di bawah ini. 

Bagaimana mengatasi bayi cegukan? 

Cegukan akan berhenti dengan sendirinya tanpa diatasi, namun akan berlangsung lama dan dapat mengganggu aktivitas bayi. Lalu, apa saja cara yang harus dilakukan agar cegukan pada bayi hilang?

1. Mengganti posisi menyusui bayi

Ketika menyusui, udara sering ikut masuk ke dalam mulut bayi dan menyebabkan cegukan. Cara mengatasi bayi cegukan yang bisa Moms lakukan yaitu dengan mengubah posisi menyusui. Apabila si kecil masih mengalami cegukan, maka kemungkinan besar bayi tersedak selama menyusui. Oleh karena itu, hentikan kegiatan menyusui untuk sementara. 

2. Menyusui dengan posisi yang benar

Selain mengganti posisi menyusui bayi, Moms juga perlu memastikan bahwa posisi menyusui sudah benar. Posisi menyusui yang tepat yaitu puting dan areola (bagian berwarna gelap sekitar puting) masuk ke mulut bayi dan perutnya yang langsung berhadapan dengan perut Moms. 

Posisi ini bisa membantu si kecil untuk menerima ASI dengan baik dan ia pun tidak mengalami cegukan. 

3.  Memeluk Bayi

Memeluk bayi merupakan cara mengatasi bayi cegukan paling sederhana yang bisa Moms lakukan. Memeluk si kecil dapat memberi ketenangan ketika tubuhnya mengalami cegukan yang sedikit mengganggu kenyamanan. Dengan memeluk bayi, biasanya cegukan akan berhenti. 

4. Menepuk perlahan punggung bayi

Selain dengan memeluk si kecil, menepuk punggung bayi juga bisa mengatasi cegukan, lho. Moms cukup menggendong dengan posisi bayi seperti berdiri, letakan kepala si kecil di pundak, kemudian tepuk-tepuk perlahan punggung bayi hingga ia bersendawa.

5. Memberi bayi makan sedikit demi sedikit 

Apakah bayi Moms sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI? Jika sudah, cara mengatasi bayi cegukan yang yang bisa dilakukan yaitu dengan memberinya makanan sedikit demi sedikit dan dengan perlahan agar bayi tidak terburu-buru untuk menelan. 

Apabila cegukan yang dialami disertai dengan muntah, segera bawa bayi ke dokter. karena  pada umumnya, kondisi ini menandakan bahwa si kecil sedang mengalami masalah pencernaan. Biasanya, cegukan akan hilang dengan sendirinya tanpa harus melakukan apa-apa ketika bayi sedang tidur. Dan seiring bertambahnya usia, cegukan tidak akan muncul karena meningkatnya keseimbangan sistem tubuh bayi. 

Baca juga: Tips Menenangkan Bayi Menangis dan Rewel yang Bisa Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like