Menyaksikan perkembangan si kecil tentunya merupakan momen istimewa bagi Moms dan pasangan sebagai orangtua. Secara bertahap, kekuatan otot anak dan kemampuannya akan mengalami peningkatan. Mulai dari duduk, merangkak, anak bisa berbicara, berdiri, hingga berjalan.

Biasanya, si kecil akan mulai berjalan pada usia 9-18 bulan. Namun, Moms tidak perlu khawatir jika anak memerlukan waktu lebih lama hingga dapat berjalan. Moms dapat menerapkan cara melatih anak berjalan berikut ini untuk membantu si kecil. 

Bagaimana cara melatih anak berjalan? 

1. Membantu anak mengangkat tubuhnya 

Ketika bayi memasuki usia 8 bulan, otot tubuhnya akan menjadi lebih kuat dan ia akan memiliki rasa penasaran sehingga si kecil akan mencoba mengangkat dirinya sendiri. Ini merupakan saat yang tepat bagi Moms untuk mulai melatih keseimbangan anak. Moms dapat membantunya menarik tubuh ketika sudah siap untuk berdiri. Selain itu, ajarkan juga untuk menekuk lutut sebelum duduk kembali. 

2. Membiarkan anak berdiri tanpa dibantu 

Cara melatih anak berjalan yang selanjutnya yaitu dengan membiarkan anak berdiri tanpa dibantu. Cobalah untuk perlahan melepaskan pegangan Moms ketika anak ingin berdiri namun tetap menjaganya. Jika anak jatuh, berilah semangat sehingga ia semangat untuk bangkit berdiri lagi. Saat si kecil telah melewati tahap ini, Moms sudah bisa mengajarinya berjalan sembari memegangi kedua tangannya. 

3. Berjalan di dalam boks tidur

Berjalan di dalam boks tidur juga merupakan salah satu cara melatih anak berjalan, lho. Tempatkan anak di dalam boks tidurnya yang sudah diberi pelindung, kemudian ajarkan anak untuk berpegangan pada pagar boks dan biarkan ia berjalan dengan bantuan tersebut. Membiarkan anak berjalan di boks tidurnya cukup aman karena kasur atau bantal yang empuk akan menjaganya saat jatuh. 

4. Berlatih di dalam kolam

Moms juga bisa mencoba cara melatih anak berjalan di dalam kolam yang berisi bola-bola kecil atau air. Dengan begini, anak akan merasa lebih ringan saat berjalan dan tidak merasa sakit saat jatuh. 

6. Memberikan mainan dorong 

Cara melatih anak berjalan yang terakhir yaitu dengan memberikannya mainan yang bisa didorong sebagai alat bantu untuk berjalan. Selain itu, Moms juga bisa meletakkan mainan favoritnya pada jarak tertentu dan biarkan si kecil berjalan untuk meraihnya. Jika memungkinkan dan aman, biarkan ia berjalan di atas lantai yang tidak rata karena cara ini mampu menguatkan otot kaki dan tungkai nya. 

Baca juga: Langkah yang Perlu Dilakukan Saat Melatih Bayi Duduk

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayu Lindasari

Pas banget nih, anakku sudah hampir setahun usianya. Sudah memasuki fase berjalan, tidak perlu cepat-cepat, yang penting dikuatkan fase merangkak dahulu. Nanti sambil stimulasi berjalannya, sesuai tips dari momslyfe. Bismillah….

You May Also Like