Melatih Bayi Merangkak dengan Cara Berikut Ini

Melatih Bayi Merangkak

Menyaksikan bayi duduk dan merangkak untuk pertama kali merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi orangtua baru. Mungkin bayi memerlukan waktu untuk mengendalikan dirinya sendiri ketika ingin merangkak. Oleh karena itu, orangtua harus melatih bayi agar bisa merangkak. Bagaimana cara melatih bayi agar bisa merangkak? Berikut penjelasannya.

Bayi mulai merangkak sekitar umur 4 sampai 6 bulan, dan banyak yang mulai bisa berjalan ketika sudah genap satu tahun. Proses melatih bayi merangkak memang sedikit rumit. Namun, tidak ada keharusan dalam mengajar bayi Moms untuk merangkak, karena itu merupakan perkembangan alami yang terjadi.

Cara Melatih Bayi Merangkak

Biarkan bayi Moms merangkak sendirian

Saat bayi tengkurap, ia akan berlatih mengangkat kepala yang akan memperkuat badan dan membuat kaki dan tangan untuk dapat bergerak bebas. Aktivitas ini nantinya akan mendukung agar bayi mau merangkak.

Ikutlah merangkak bersama sang buah hati

Melatih bayi merangkak dengan cara menirunya di depan bayi dapat menjadi salah satu cara agar bayi Moms bisa cepat merangkak, karena bayi akan melihat dan mempelajarinya. Bayi dapat meniru gerakan yang Moms lakukan. Pancing bayi dengan mainan kesukaannya agar ia berusaha mencoba merangkak untuk mendapatkannya.

Tidak boleh dipaksa

Moms tidak bisa untuk terlalu memaksakan sang buah untuk merangkak selama berjam-jam. Apabila bayi merasa kecapekan, hal ini dapat memunculkan penyakit. Ajari dan melatih bayi dengan secukupnya saja.

Siapkan ruang yang nyaman untuk merangkak

Moms dapat mengatur ruangan yang cukup nyaman dan lantai yang bersih agar bayi dapat menjelajah dengan aman. Moms juga bisa menambahkan karpet yang lembut agar membantu bayi untuk bergerak lebih mudah.

Cermin besar

Membiarkan bayi Moms bermain di depan cermin dan tentunya dalam pengawasan, akan membuat bayi senang ketika melihat bayangan dirinya sendiri dan akan merangkak ke arah cermin karena rasa penasarannya.

Jangan sering digendong

Apabila bayi Moms memerlukan bantuan, jangan langsung digendong. Moms cukup meraih lengannya saja. Dengan begitu, bayi akan menopang berat badan dan melatih kekuatan kaki mungil sang buah hati.

Nah itulah beberapa cara melatih bayi merangkak. Perlu diingat bahwa, memaksakan bayi untuk selalu belajar merangkak bukan cara yang efektif. Oleh karena itu, tetap sabar dan semangat ya, Moms!

Baca Juga: Cara Melatih Bayi Tengkurap dengan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x