Apakah bayi Moms sering menangis? Terkadang, walaupun Moms sudah memberinya susu dan mengganti popok, si kecil pun masih menangis. Lalu apa yang menyebabkan bayi menangis? Berikut ini beberapa penyebab bayi menangis dan apa yang harus Moms lakukan.

Alasan bayi menangis

1. Bayi merasa lapar 

Penyebab bayi menangis yaitu karena merasa lapar. Apabila Moms sudah memberinya susu 3-4 jam yang lalu, kemudian ia terbangun dan menangis lagi mungkin bayi merasa lapar lagi. Berilah susu dan tangisan si kecil akan berhenti.

2. Bayi merasa lelah

Merasa lelah bisa menjadi penyebab bayi menangis. Biasanya ketika si kecil tidak ingin diajak bermain, terlihat malas, dan juga sering menguap kemudian menangis, maka ia sedang merasa lelah dan ingin tidur.

3. Bayi sedang merasa tidak nyaman

Merasa tidak nyaman bisa menjadi penyebab bayi menangis. Biasanya karena ia kepanasan, kedinginan, atau popok yang basah. Moms bisa mencari tahu apa penyebab si kecil merasa kurang nyaman agar dapat segera menanganinya. 

4. Bayi sedang merasa kesakitan

Jika bayi menangis dengan kuat secara tiba-tiba, biasanya karena ia sedang merasa kesakitan. Segeralah cek suhu bayi serta periksa dimana sumber yang membuat bayi kesakitan.

Baca juga: Mengatasi Demam Naik Turun Pada Bayi

5. Merasakan stimulasi yang berlebihan

Terlalu banyak orang atau ruangan yang berisik dapat menjadi penyebab bayi menangis. Selain itu, orang yang berusaha mendapat perhatian si kecil juga bisa menjadi penyebabnya. Bawalah bayi ke tempat yang tenang.

6. Bayi sedang menderita penyakit tertentu

Jika tangisan bayi terdengar lemah, ini bisa menandakan bahwa penyebabnya adalah si kecil sedang sakit. Bawalah bayi ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

7. Bayi sedang merasa kesepian

Penyebab bayi menangis yaitu ia sedang merasa kesepian. Bayi biasanya terbangun dengan menangis saat Moms meninggalkannya ketika tertidur. Peluklah si kecil dan beri ia kasih sayang.

8. Bayi sedang merasa takut

Bayi akan menangis saat sedang digendong dengan orang lain yang ia anggap asing. Penyebabnya karena si kecil merasa takut. Moms bisa menjelaskan kepada orang tersebut kalau ia harus melakukan pendekatan terlebih dahulu sebelum menggendong bayi Moms.

9. Bayi sedang merasa bosan

Penyebab bayi menangis selanjutnya adalah karena ia merasa bosan. Bayi akan merasa bosan dan menangis ketika Moms tidak memperhatikannya. Moms bisa memberikannya perhatian serta memberi mainan agar rasa bosannya hilang.

10. Bayi sedang kolik

Kolik dapat menjadi penyebab bayi menangis secara berkepanjangan. Kolik merupakan sebuah kondisi sakit perut pada bayi. Si kecil akan menangis meskipun keadaannya sehat dan sudah Moms berikan makan.

Moms akan sulit menenangkan si kecil yang sedang kolik. Namun Moms tidak perlu khawatir karena kolik hanya akan bertahan sampai bayi berusia 4 bulan.

Baca juga: Cara Melatih Bayi Tengkurap yang Harus Moms Ketahui

Apa yang harus Moms lakukan?

Apabila penyebab bayi menangis belum diketahui, sebaiknya Moms mulai memenuhi kebutuhan dasarnya seperti memberikan susu, mengganti popok, memastikan si kecil tidak kepanasan atau kedinginan, serta pastikan pakaian yang dipakai nyaman.

Lalu bagaimana jika bayi masih menangis ketika Moms sudah melakukan semuanya? Alternatif lainnya adalah dengan memberi pelukan untuk si kecil, memijatnya secara halus, memberi sesuatu untuk dihisap misalnya seperti dot bayi, memberinya mainan hingga memutar musik sampai tangisnya berhenti.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like