Bayi yang baru lahir masih beradaptasi dengan lingkungan di luar rahim, dan juga masih dalam kondisi rentan. Moms pastinya sangat menjaga bayi dari kemungkinan masalah yang mengganggunya. Salah satu yang sering terjadi adalah bayi susah tidur malam hari. Kalau sudah begitu, pastinya timbul rasa cemas.

Sebaiknya jangan terlalu cemas karena tidak akan membantu menyelesaikan masalah yang ada, lebih baik baca penjelasan mengapa bayi susah tidur di malam hari dan bagaimana cara mengatasinya?

Yang menyebabkan bayi susah tidur malam

1. Bayi mungkin lapar

Alasan paling umum bayi susah tidur malam atau terbangun di malam hari adalah karena mereka lapar. Bayi yang baru lahir akan membutuhkan asupan makanan lebih sering. Kondisi tersebut biasanya bertahan sampai bayi berusia 18 bulan. Sebaiknya beri si kecil makan setiap empat jam atau sesuai permintaan mereka.

Oleh karena itu, sebaiknya Moms memastikan pasokan ASI untuk si kecil tersedia untuk memenuhi kebutuhannya. Bisa jadi Moms perlu menyusui bayi setiap 2-3 jam sekali.

2. Jam biologis bayi belum stabil

Pada bayi yang baru lahir, biasanya jam biologis si kecil belum benar karena tubuhnya masih berkembang dan menyesuaikan diri.  Bayi akan mulai mempunyai jam biologis tubuh yang benar ketika sudah berusia 12 minggu, pada beberapa bayi mungkin waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Meski begitu, Moms tetap bisa membantu si kecil beradaptasi dan mengatur waktu tidur yang rutin agar jam biologis bayi bisa teratur. Bantulah bayi agar bangun dan tidur di waktu yang sama setiap harinya.

Moms juga bisa mengatur agar pencahayaan di kamar tidak terlalu terang ketika waktu tidur malam. Cahaya yang terlalu terang dapat menghalangi rasa kantuk untuk datang.

3. Bayi masih aktif karena habis bermain

Bayi yang sedang lucu-lucunya pasti selalu membuat kita ingin mengajak mereka bermain atau membuat mereka tertawa. Namun terkadang jika si kecil terlalu larut dalam kegembiraan saat mendekati waktu tidur justru akan membuat mereka sulit untuk tidur. Jadi jika Moms ingin bayi tidur lebih cepat, sebaiknya hindari ajak si kecil bermain terlalu banyak pada malam hari.

4. Bayi terlalu lelah atau ada gangguan lain

Saat bayi terlalu lelah karena aktivitas hari itu dan membuatnya kurang tidur, maka bisa jadi bayi susah tidur malam harinya. Selain hal tersebut, bayi juga akan lebih sering terbangun dan jadi rewel pada malam hari.

Suasana lingkungan yang terlalu berisik juga bisa membuat bayi susah tidur, sebaiknya hindari adanya kebisingan sebelum waktu tidur. Ciptakan suasana yang tenang agar bayi cepat terlelap.

Selain suasana yang bising, cahaya dari telepon genggam juga bisa membuat bayi terus terjaga. Telepon genggam memancarkan cahaya warna biru yang dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk.

Jika si kecil menunjukan gejala seakan mau terbangun di malam hari, sebaiknya jangan terburu-buru untuk menenangkannya. Bayi justru bisa jadi terbangun dan malah susah untuk ditidurkan kembali.

Baca juga: 3 Langkah Melancarkan ASI yang Mampet

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like