Merawat bayi pastinya tidak boleh sembarangan, bahkan untuk menentukan berapa suhu ruangan pun harus tepat supaya bayi dapat tidur nyenyak. Tidur adalah tentunya termasuk salah satu kebutuhan bayi yang penting. Maka dari itu, penting bagi Moms untuk memperhatikan segala sesuatu demi kenyamanan si kecil saat tidur. 

Berapa suhu ruangan yang tepat agar bayi dapat tidur nyenyak?

Agar bayi dapat tidur nyenyak, Moms harus mengatur suhu ruangan menjadi tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas. Suhu ruangan terbaik untuk bayi yaitu di antara 18-22 derajat celcius. Menjaga suhu ruangan bayi menjadi sedikit dingin memang pilihan terbaik karena dengan suhu tersebut bayi akan merasa nyaman ketika tidur. Moms dapat mengatur suhu ruangan jika terdapat AC di kamar. 

Tapi, jika Moms hanya mempunyai kipas, Moms tetap dapat menggunakannya untuk menjaga suhu ruangan bayi, terutama saat cuaca panas. Namun, pastikan jarak antara kipas dan bayi Moms tetap jauh, ya. Selain itu, Moms dapat membuka jendela kamar pada siang hari agar si kecil tidak merasa kepanasan. 

Baca juga: 7 Hal Penting yang Harus Moms Ketahui Untuk Merawat Bayi Baru Lahir

Alasan suhu ruangan bayi harus dijaga

Penting sekali bagi Moms untuk menjaga suhu ruangan bayi. Bukan hanya memastikan agar bayi dapat tidur nyenyak, namun juga untuk mencegah bayi dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Karena jika suhu ruangan bayi terlalu panas, maka bisa meningkatkan resiko bayi terkena sindrom kematian mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS). Sids ini sering terjadi jika bayi telah menginjak usia dua bulan setelah kelahirannya. SIDS lebih jarang terjadi di bulan pertama setelah kelahiran. 

Nah, apabila Moms ingin mengetahui apakah suhu di ruangan bayi sudah tepat atau malah membuat bayi kepanasan, sebaiknya cek suhu bayi. Caranya hanya dengan menaruh termometer pada daerah lipatan ketiaknya. Suhu tubuh manusia yang normal yaitu 36,5-37,5 derajat celcius. 

Dan jika Moms melihat suhu badannya meningkat atau berkeringat, lepaskan satu lapisan baju bayi lalu periksa kembali suhu badannya. Moms tidak perlu khawatir saat tangan dan kaki bayi terasa dingin sedangkan suhu badannya panas karena ini merupakan hal yang normal untuk terjadi. 

Baca juga: Bayi Jatuh Dari Ranjang? Lakukan 4 Hal Ini

Hal lain yang harus diperhatikan 

Selain menjaga suhu ruangan, ada beberapa hal lain yang perlu Moms perhatikan agar bayi dapat tidur nyenyak, diantaranya: 

  • Pakaian. Supaya bayi dapat tidur nyenyak, pakaikan ia pakaian yang nyaman serta sesuaikan dengan suhu sekitar. Apabila cuaca sedang panas, pakaikan pakaian yang berbahan tipis. Sedangkan saat cuaca dingin, pakaikan pakaian yang berbahan tebal atau tambahkan lapisan pakaian bayi. Dan sebaiknya jangan menggunakan selimut. Membedong bayi adalah cara aman saat ingin memberinya kehangatan. 
  • Pencahayaan. Saat bayi sedang tidur, matikan lampu ruangannya. Karena tidur di ruangan yang gelap bisa membuat tubuh bayi melepas hormon melatonin atau hormon tidur, sehingga bayi dapat tidur nyenyak. 
  • Ketenangan. Tidurkan bayi di dalam ruangan yang tenang serta jauh dari kebisingan karena bayi akan sulit untuk tidur nyenyak apabila lingkungan sekitarnya ramai.

Baca juga: Tips Menenangkan Bayi Menangis dan Rewel yang Bisa Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like