Tips Menenangkan Bayi Menangis dan Rewel yang Bisa Moms Ketahui

Tips Menenangkan Bayi Menangis

Semua bayi pastinya sering menangis, sebagai seorang ibu, pasti Moms terkadang bingung untuk menenangkan bayi yang menangis terus. Tetapi, kadang apa yang Moms lakukan malah membuat si kecil menangis lebih kencang. Lalu, bagaimana tips menenangkan bayi menangis dan rewel?

Menangis sebenarnya merupakan bahasa bayi yang tidak bisa kita mengerti. Penyebab bayi menangis bisa jadi karena mereka bosan, kepanasan, lelah, popok basah, atau merasa sakit. Jadi, sebaiknya jangan berpikiran buruk apabila bayi Moms menangis terus karena ini adalah cara mereka untuk memberitahu bahwa mereka membutuhkan sesuatu.

Penyebab Bayi Menangis dan Rewel

Bayi yang menangis dan rewel tentu disebabkan karena beberapa hal. Untuk bisa mengatasinya, Moms perlu mengetahui apa yang menyebabkan bayi menjadi rewel. Berikut ini beberapa faktor penyebab bayi menangis dan rewel yang bisa Moms ketahui

Lapar

Lapar bisa menjadi salah satu faktor penyebab bayi menangis dan menjadi rewel. Selain menangis, bayi yang lapar akan mengisap jari, memalingkan wajah ke arah Moms untuk memberikannya ASI, atau menggerakkan bibirnya.

Mengantuk

Faktor penyebab bayi menangis dan rewel yang selanjutnya yaitu mengantuk. Biasanya, bayi akan menjadi rewel hingga menangis apabila ia sudah merasa mengantuk. Di minggu-minggu awal kelahiran, bayi memerlukan tidur selama 16-18 jam per harinya.

Merasa Tidak Nyaman

Akan ada kondisi dimana bayi merasa tidak nyaman sehingga membuat ia menjadi lebih rewel, misalnya seperti bayi merasa gelisah atau kurang tidur. Bayi tidak akan langsung tenang saat Moms menghampiri sehingga Moms harus mencari tahu dulu apa yang membuat ia merasa tidak nyaman.

Gangguan Pencernaan

Bayi akan menjadi rewel jika ia mengalami gangguan pencernaan, misalnya seperti kolik. Jika bayi mengalami kolik, yang harus Moms lakukan adalah membuat bayi bersendawa atau memijat bagian perutya dengan minyak telon secara perlahan searah dengan jarum jam.

Popok yang Basah

Penyebab terakhir bayi menangis dan rewel yaitu karena popoknya yang basah. Segera ganti popok bayi agar ia tidak rewel dan jangan lupa untuk memberikan losion khusus jika terdapat adanya ruam di kulitnya.

Apa Tips Menenangkan Bayi Menangis dan Rewel?

1. Gerakan mengayun

Tips menenangkan bayi menangis yang pertama adalah menggerak-gerakkan mereka dengan gerakan mengayun ketika digendong. Hal ini dapat menenangkan bayi. Apabila semakin kencang tangisan bayi, maka harus semakin kencang juga ayunannya.

2. Sentuhan lembut

Sentuhan Moms bisa menjadi tips menenangkan bayi menangis, lho. Langkah utama tentu saja dengan cara menyentuh si bayi. Meskipun tidak jarang bayi yang butuh lebih dari sekadar sentuhan. Kadang bayi juga membutuh gendongan, memijatnya dengan lembut, dan juga menepuk pelan punggungnya. 

3. Suara ‘sshh’

Tips menenangkan bayi menangis ini sudah menjadi kebiasaan turun-temurun bagi para ibu, yaitu dengan cara menghasil suara ‘sshh’. Menenangkan bayi menangis dengan menghasilkan suara ‘sshh’ membuat bayi menjadi nyaman dan tenang karena suara ini mirip dengan suara ketika bayi masih ada di dalam rahim.

Moms harus memastikan untuk menghasilkan suara ‘sshh’ lebih kencang dibanding tangisan si bayi agar mereka bisa mendengarnya.

4. Mengenal dan menyesuaikan lingkungan sekitar untuk bayi

Menyesuaikan lingkungan di sekitar bayi juga bisa menjadi tips menenangkan bayi menangis. Misalnya seperti sebagian bayi nyaman apabila lampu ruangan gelap, ada juga yang lebih suka dengan suasana keramaian, ada juga bayi atau menyukai ruangan dengan lampu terang atau suasana yang tenang. Moms bisa menyesuaikan lingkungan agar si bayi menjadi nyaman dan tenang.

5. Tips lain

Ada beberapa tips menenangkan bayi menangis dan rewel, diantaranya:

  • Mandikan bayi menggunakan air hangat
  • Memberi ASI
  • Menggendongnya sambil mengeluarkan suara ‘sshh’ atau bernyanyi

Apabila bayi terus menangis walaupun Moms sudah berusaha menenangkannya, sebaiknya lihat tanda atau gejala aneh. Jangan ragu untuk menghubungi dokter anak. Tetapi, tidak semua tangisan bayi berarti tanda bawah mereka sakit, jadi jangan berpikiran negatif karena tangisan bayi Moms.

Bagaimana jika si kecil menangis ketika sedang disusui?

Bukan hal yang jarang untuk bayi menangis saat Moms sedang menyusuinya. Apabila bayi menangis ketika sedang disusui, mungkin itu karena tidak nyamannya posisi menyusui sehingga ASI tidak dapat keluar dengan sempurna dan ia tetap merasa lapar.

Segera perbaiki posisi menyusuinya. Bayi juga bisa menangis karena gejala refluks atau makanan yang kembali naik ke tenggorokan setelah bayi diberi makanan. Periksakan bayi ke dokter apabila hal ini terjadi. 

Baca juga: Penyebab Bayi Menangis serta Apa yang Harus Moms Lakukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x