Tips Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui

Perawatan Bayi Baru Lahir

Orang tua tentunya memiliki tanggung jawab untuk mengurus bayi mereka yang baru lahir. Bayi baru lahir akan membutuhkan perawatan ekstra. Bagi Moms dan pasangan yang baru saja memiliki anak pertama, berikut ini tips perawatan bayi baru lahir yang penting untuk diketahui. 

Apa saja perawatan bayi baru lahir?

  • Merawat tali pusar bayi

Perawatan bayi baru lahir yang pertama yaitu merawat tali pusar. Pada umumnya, tali pusar bayi yang baru lahir akan lepas pada 1 sampai 2 minggu setelah kelahiran. Maka dari itu, Moms dan suami perlu tahu bagaimana cara merawatanya. 

Dalam merawat tali pusar, pastikan untuk menghindari penggunaan alkohol karena dapat membahayakan kesehatan bayi. Moms cukup menggunakan air hangat dan usahakan agar tali pusar selalu dalam kondisi kering agar tidak terjadi infeksi. 

  • Memandikan bayi

Moms baru bisa memandikan bayi menggunakan bak mandi bayi setelah tali pusar bayi lepas. Selama tali pusar belum lepas, Moms cukup memandikan bayi dengan lap basah saja. Apabila sudah diperbolehkan mandi, memandikan bayi sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu untuk tahun pertama juga masih baik-baik saja. 

Sebelum Moms memandikan bayi, persiapkan terlebih dahulu alat-alat mandi seperti sabun mandi, handuk, pakaian, dan lain-lain. Lalu, jangan lupa untuk menyiapkan air hangat. Mandikan bayi mulai dari bagian kepala, wajah, dada, hingga seterusnya. 

  • Menjemur bayi

Menjemur bayi juga merupakan salah satu perawatan bayi baru lahir. Cahaya matahari pagi memberi banyak manfaat untuk bayi baru lahir, salah satunya mengurangi kadar bilirubin di dalam darah bayi. Pertumbuhan bilirubin yang tak terkendali akan menyebabkan kulit bayi baru lahir menguning.

Cahaya matahari juga akan memberikan vitamin D yang berguna untuk penyerapan kalsium sehingga dapat memperkuat gigi dan tulang bayi. Selain itu, sistem kekebalan tubuh bayi juga akan bekerja efisien karena paparan sinar matahari pagi. 

  • Mengganti popok bayi

Ketika popok bayi basah, taruh bayi dan lepaskan popok kotor. Gunakan bola kapas, air, dan atau lap untuk membersihkan area genital bayi. Moms perlu hati-hati ketika mengeluarkan popok bayi laki-laki karena paparan udara bisa membuatnya buang air kecil. 

Sedangkan untuk bayi perempuan, usap pantatnya dari depan ke belakang guna menghindari infeksi saluran kemih. Dan untuk mencegah ruam popok, jangan lupa untuk mengoleskan salep. Pastikan Moms dan pasangan mencuci tangan hingga bersih sebelum mengganti popok bayi. 

Baca juga: Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan Anak

  • Memberikan ASI

Memberikan ASI eksklusif merupakan perawatan bayi baru lahir yang wajib diberikan oleh Moms. Menyusui bayi biasanya dilakukan selama 10 menit. Moms yang memberikan ASI eksklusif selama 10 menit setiap kali akan membuat berat badan bayi meningkat. 

  • Menidurkan bayi

Sebagai orangtua baru, Moms akan terkejut saat mengetahui bahwa bayi yang baru lahir akan membutuhkan Moms setiap saat. Bayi baru lahir memiliki jam tidur selama 22 jam dalam sehari. Biasanya, bayi akan tidur selama 2-4 jam dan bayi tidak akan tidur sepanjang malam. Sistem pencernaan mereka sangat kecil sehingga bayi memerlukan makanan setiap beberapa jam sekali serta harus dibangunkan apabila bayi belum diberi makanan selama 4 jam. 

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga perlu mengembangkan pola dan juga siklus tidur mereka. Maka, apabila bayi yang baru lahir tampak sehat dan berat badannya bertambah, Moms tidak perlu mempermasalahkan jam tidurnya yang belum teratur. 

Untuk membantu membentuk pola tidur bayi, Moms perlu menjaga stimulasi seminimal mungkin di malam hari dan atur agar lampu tidak terlalu silau. Selain itu, lakukan kegiatan bersama bayi di siang hari seperti mengajaknya berbicara dan bermain. 

Itulah 6 tips perawatan bayi baru lahir yang perlu diketahui oleh Moms dan pasangan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur di Malam Hari

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
khoiru Rizki

Trimakasih infonya, karena walaupun saya sudah ada anak kedua atau ketigapun masih belum pengalaman

Delia rizky handayani

Bener bener manfaat banget nih 😍 ini nih info yang aku perluin banget sebagai mamah baru. Iya batul kalo anak cowok suka tiba2 pipis, dan ternyata udara juga pengaruh yaaa..

Delia Rizky Handayani

Semua hal pasti ada alasannya.. setelah baca ini jadi terbuka pikiran kenapa kita harus ini ,harus itu.. semuanya demi kebaikan anak, dan dari sini aku bener bener paham karena semuanya ada penjelasannya.. makasih banyak momslyfe 😇

3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x